SILABUS MATA
PELAJARAN
SEKOLAH
MENENGAH ATAS/ MADRASAH ALIYAH
(SMA/MA)
MATA
PELAJARAN
BAHASA
DAN SASTRA ARAB
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2016
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI
|
i
|
|
I
|
PENDAHULUAN
|
1
|
A.
Rasional
B.
Kompetensi Setelah Mempelajari
Bahasa dan Sastra Arab di Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
C.
Kompetensi Setelah Mempelajari Pendidikan
Bahasa dan Sastra Arab di Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
D.
Kerangka Pengembangan Kurikulum Pendidikan
Bahasa dan Sastra Arab di Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
E.
Pembelajaran dan Penilaian
F.
Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai
dengan Kondisi Lingkungan dan Peserta Didik
|
1
2
2
3
6
7
|
|
II
|
KOMPETENSI
DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Kelas X
B. Kelas XI
C. Kelas XII
|
8
8
16
26
|
I. PENDAHULUAN
A.
Rasional
Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut: (1)
mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual dan sosial, rasa
ingin tahu, kreativitas, dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik; (2)
sekolah merupakan bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar
terencana dimana peserta didik menerapkan apa yang dipelajari ke dalam masyarakat dan memanfaatkan
masyarakat sebagai sumber belajar; (3) mengembangkan sikap, pengetahuan, dan
keterampilan serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan
masyarakat; (4) memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap,
pengetahuan, dan keterampilan; (5) kompetensi dinyatakan dalam bentuk
kompetensi inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar mata
pelajaran; (6) kompetensi inti menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) kompetensi dasar,
dimana semua kompetensi dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk
mencapai kompetensi inti; (7) kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan prinsip
akumulatif, saling memperkuat (reinforced)
dan memperkaya (enriched) antar mata
pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).
Bahasa dan Sastra Arab diajarkan di SMA/MAadalah
salah satu jawaban dari tantangan global, dimana Bahasa Arab sebagai salah
bahasa resmi dunia yang diakui PBB, dari fenomena itu perubahan kebutuhan
kebahasaan harus diikuti oleh semua bangsa, oleh karena itu pembelajaran Bahasa
dan Sastra Arab di SMA/MAmerupakan bekal dasar penguasaan bahasa Arab sebagai
kompetensi awal yang harus dimiliki siswa SMA/SMK/MA/MAK.
Tema pengembangan Kurikulum 2013 adalah
kurikulum yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, melalui
penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang terintegrasi. Dalam rangka
mewujudkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, dan inovatif itu, proses
pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif,
inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik
serta psikologis peserta didik.
Kurikulum 2013 dikembangkan dengan penyempurnaan pola
pikir berkaitan dengan pola pembelajaran, yaitu: (1) berpusat pada peserta
didik; (2) pembelajaran interaktif
(interaktif antara guru – peserta
didik – masyarakat – lingkungan alam – sumber/media lainnya); (3) pembelajaran dirancang secara jejaring
(peserta didik dapat menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang dapat
dihubungi, serta dapat diperoleh melalui
internet); (4) pembelajaran
bersifat aktif (peserta didik didorong
untuk aktif mencari informasi melalui pendekatan saintifik); (5) belajar
kelompok (berbasis tim); (6) pembelajaran berbasis multimedia; (7) pembelajaran
berbasis pengguna (users) dengan
memperkuat pengembangan potensi khusus yang dimiliki setiap peserta didik; (8)
pola pembelajaran menggunakan ilmu pengetahuan jamak (multidisciplines); dan (9) pembelajaran yang mengembangkan pola
berpikir kritis.
Silabus
mata pelajaran Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab di SMA/ MA/MAK ini disusun
dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami
dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya
lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya
tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini
dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan
kurikulum; mudah diajarkan/dikelolaoleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable assessable), dan bermakna
untuk dipelajari (worth to learn)
sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.
Silabus ini bersifat fleksibel,
kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk
mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi
keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar
prinsip tersebut, komponen silabus mencakup Kompetensi Dasar, materi pembelajaran,
dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus
merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran
tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan
berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam
melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi,
pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang
disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan
kemampuan peserta didik.
B. Kompetensi Lulusan Kelompok Bahasa Arab di Pendidikan Menengah
Setelah mempelajari Bahasa dan Sastra Arab di SMA/MA, peserta didik
diharapkan mampu menggunakan beragam fungsi sosial kebahasaan untuk berkomunikasi baik lisan maupun tulis dalam berbagai situasi dan topik dengan bahasa Arab yang
sederhana.
C.
Kompetensi Mata PelajaranBahasa Arab
di Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Kompetensi Bahasa Prancispeserta didik
setelah belajar dari kelas X-XII yaitu:
Kelas X
|
Kelas XI
|
KelasXII
|
Peserta didik memiliki kemampuan memperkenalkan diri, mengucapkan
terimakasih, meminta maaf, dan berpamitan; mengemukakan jati diri;
mengemukakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk
angka, tanggal, dan tahun; menunjukkan bangunan/fasilitas umum; menggambarkan
sifat orang; membedakan aktivitas orang dan fungsi benda/alat;
mendeskripsikan orang; menjelaskan pribahasa Arab secara sederhana
|
Peserta didik memiliki kemampuan
mengemukakan untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai
kinerja yang baik, mengungkapkan pendapat;
mendemonstrasikan kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan;
mengungkapkan minta ijin, menyuruh, dan melarang; mengucapkan selamat;
mengemukakan tindakan/kejadian yang dilakukan pada waktu lampau; mengemukakan
tindakan/kejadian yang sedang terjadi; mengemukakan perbandingan jumlah;
mengemukakan deskripsi benda; menunjukkan ungkapan singkat dan pengumuman;
memahami syair atau lagu Arab
|
Peserta didik memiliki kemampuan menyatakan harapan; menyatakan persetujuan; mengemukakan maksud dan tujuan; memberi perintah dan malarang; menentukan
isi teks
cerita; membedakan iklan produk dan jasa; menyatakan kembali
kisah-kisah teladan dalam bahasa Arab
|
D. Kerangka Pengembangan Kurikulum Bahasa dan
Sastra Arab Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Mata pelajaran Bahasa dan SastraArab diberikan
pada tingkat SMA/MA pada
kelas X, XI dan XII muatan Bahasa dan Sastra Arab menjadi
mata pelajaran tersendiri tetapi pembelajarannya dilakukan secara tematik
terpadu dengan mata pelajaran lain dengan mempertimbangkan konteksnya.
Kerangka Pengembangan Kurikulum Bahasa dan Sastra Arab tingkat SMA/MA mengikuti
elemen pengorganisasian Kompetensi Dasar yaitu Kompetensi Inti.
Kompetensi Inti yaitu:
Kelas X
|
Kelas XI
|
Kelas XII
|
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
Menunjukan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 2
Menunjukan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan duniabangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 2
Menunjukan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan duniabangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 3
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 3
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
|
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
|
Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi pesertadidik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan
sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
Ruang Lingkup Bahasa dan Sastra Arab SMA/MA meliputi:
Kelas X:
1.
memperkenalkan
diri,
2. mengucapkan terimakasih, meminta maaf, dan berpamitan;
3. mengemukakan jati diri;
4. mengemukakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk
angka, tanggal, dan tahun;
5. menunjukkan bangunan/fasilitas umum;
6. menggambarkan sifat orang;
7. membedakan aktivitas orang dan fungsi benda/alat;
8. mendeskripsikan orang;
9. menjelaskan pribahasa Arab secara sederhana.
Kelas XI
1. mengemukakan untuk meminta perhatian mengecek pemahaman, menghargai
kinerja yang baik, dan mengungkapkan pendapat;
2. mendemontrasikan melakukan suatu tindakan;
3. mengungkapkan minta ijin, menyuruh, dan melarang;
4. mengucapkan selamat;
5. mengemukakan tindakan/kejadian yang dilakukan pada waktu lampau;
6. mengemukakan tindakan/kejadian yang sedang terjadi;
7. mengemukakan perbandingan jumlah;
8. mengemukakan deskripsi benda;
9. menunjukkan ungkaan singkat dan pengumuman;
10. memahami syair atau lagu Arab.
Kelas XII
1. menyatakan
harapan;
2. menyatakan persetujuan;
3. mengemukakan maksud dan tujuan;
4. memberi perintah dan malarang;
5. menentukan isi teks cerita;
6. membedakan iklan produk dan jasa;
7. menyatakan kembali kisah-kisah teladan dalam bahasa Arab.
E.
Pembelajaran
dan Penilaian
1.Pembelajaran
Pembelajaran bahasa asing sebagaimana
dikemukakan Richards & Rodgers (1986: 36-9) meliputi: (1) Tujuan;
mengajarkan komando praktis menyimak, berbicara, membaca, menulis (empat
keterampilan berbahasa); (2) Silabus; silabus struktural dan daftar
kata; (3) Kegiatan; demontrasi, repetisi, substitusi,
memberi responsi, partisipasi aktif; (4) Peranan
Pembelajar; menyimak, mengulangi, memberi responsi, berpartisipasi aktif; (5) Peranan
Pengajar; menata waktu, menata praktek lisan, merevisi, mengadakan penyesuaian,
menguji, mengembangkan kegiatan bahasa; (6) Peranan
materi pengajaran; sebagai sarana pembantu dan penunjang proses
belajar-mengajar, sebagaimana tergambar pada bagan di bawah ini:
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Arab di SMA/MAdilakukan menggunakan pendekatan saintifik yang mengutamakan keaktifan
peserta didik sebagai pusat kegiatan pembelajaran dalam mempelajari diri sendiri dan alam sekitar dengan melaksanakan langkah-langkah saintifik. Pengejawantahan langkah-langkah
saintifik dalam pendekatan saintifik ini dapat dilakukan antara lain dengan Genre-based Learning atau model
pembelajaran lain yang sesuai. Dengan demikian pembelajaran Bahasa dan Sastra Arab memberi penekanan pada pemberian pengalaman langsung untuk
mengembangkan kompetensi agar peserta didik mampu
menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah.Pembelajaranan bahasa dan sastra Arab diarahkan untuk “mencari tahu” dan “berbuat”
sehingga dapat membantu peserta didik memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang komunikasi dengan lingkungan sekitar. Karena itu, pendekatan yang diterapkan
dalam menyajikan pembelajaranbahasa dan sastra Arab adalah memadukan antara
pengalaman proses bahasa dan sastra Arab dan pemahaman serta perkembangan
teknologi komunikasi dalam bentuk pengalaman langsung yang berdampak pada sikap
peserta didik yang mempelajari bahasa dan sastra Arab.Model pembelajaranbahasa dan sastra Arab yang dapat diterapkan sesuai dengan
pendekatan Kurikulum 2013 misalnya; Discovery
Learning, Problem Based Learning, Inquiry Learning,Project Based Learning.
2. Penilaian
Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran bahasa Arab
mencakup penilaian sikap, pengetahuan serta keterampilan. Penilaian sikap dapat
dilakukan dengan cara observasi,
yaitu dengan melakukan pengamatan terhadap sikap
jujur dan peduli melalui perilaku sehari-hari, interaksi antar teman penilaian diri serta dengan penilaian jurnal. Penilaian terhadap pengetahuan dapat dilakukan dengan tes
tertulis (baik pada tataran kosakata, tata bahasa, maupun
struktur teks), juga dapat dilakukan dengan observasi
terhadap hasil diskusi, tanya jawab dan percakapan, serta dengan memberikan penugasan. Penilaian
terhadap keterampilan berbahasa dapat dilakukan secara lisan dan tertulis atau
dengan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk memperlihatkan hasil (1) unjuk
kerja/kinerja/praktik, (2) projek, (3)
produk, (4) portofolio, yang meliputi 4 keterampilan bahasa: menyimak,
berbicara, membaca, dan menulis.
Penilaiandalam
pembelajaran bahasa dan sastra Arab mengacu kepada kompetensi empat kemahiran
berbahasa Arab, yaitu:
1.
Kompetensi Kemahiran Menyimak,
penilaian yang diharapkan pada kemahiran ini adalah peserta didik mampu:
a.
Melafalkan ulang kata yang diperdengarkan;
b.
Mengidentifikasi bunyi;
c.
Membedakan bunyi yang mirip;
d.
Menentukan makna kata melalui gambar;
e.
Menentukan makna kalimat melalui gambar;
f.
Merespon ujaran berupa kalimat melalui gerak;
g.
Memahami teks sederhana dalam bentuk dialog (menentukan fakta atau
informasi tersurat);
h.
Memahami teks sederhana dalam bentuk narasi (menentukan informasi
tersurat atau fakta, menentukan informasi tersirat dan menyimpulkan)
2.
Kompetensi Kemahiran Berbicara, penilaian yang diharapkan
pada kemahiran ini adalah peserta didik mampu:
a.
Menggunakan bentuk ungkapan baku
b.
Memperkenalkan diri
c.
Menceritakan gambar tunggal
d.
Menceritakan gambar berseri dengan panduan
pertanyaan
e.
Menceritakan gambar berseri tanpa panduan
f.
Mendeskripsikan obyek (misalnya kelas atau
peristiwa)
g.
Wawancara
3. Kompetensi Kemahiran Membaca, penilaian yang
diharapkan pada kemahiran ini adalah peserta didik mampu:
a.
Membaca dengan lancar, cermat dan tepat;
b.
Menentukan arti kosa kata dalam konteks kalimat tertentu;
c.
Menemukan fakta tersurat dalam teks;
d.
Menemukan makna tersirat dalam teks;
e.
Menemukan ide pokok dalam paragraf;
f.
Menemukan ide penunjang dalam paragraf;
g.
Menghubungkan ide-ide yang terdapat dalam bacaan;
h.
Menyimpulkan ide pokok bacaan;
i.
Mengomentari dan mengkritisi isi bacaan.
4. Kompetensi Kemahiran Menulis, penilaian yang
diharapkan pada kemahiran ini adalah peserta didik mampu:
a.
Mengurutkan kata menjadi kalimat;
b.
Menyusun kalimat berdasarkan gambar;
c.
Menyusun kalimat berdasarkan kosa kata;
d.
Mengurutkan kalimat menjadi paragraf;
e.
Mendeskripsikan obyek atau gambar tunggal berdarkan
pertanyaan;
f.
Mendeskripsikan obyek atau gambar tunggal;
g.
Mendeskripsikan gambar berseri;
h.
Menyusun paragraf berdasarkan petanyaan.
- Kontekstualisasi
Pembelajaran Sesuai
dengan Kondisi Lingkungan dan Peserta Didik.
Kegiatan
pembelajaran pada silabus ini dapat
disesuaikan dan diperkaya dengan konteks daerah atau sekolah, serta konteks
global untuk mencapai kualitas optimal hasil belajar pada peserta didik
terhadap Kompetensi Dasar. Kontekstualisasi pembelajaran tersebut agar peserta
didik tetap berada pada budayanya, mengenal dan mencintai alam dan sosial di
sekitarnya, dengan perspektif global sekaligus menjadi pewaris bangsa sehingga
akan menjadi generasi tangguh dan berbudaya Indonesia.
Sejalan dengan
karakteristik pendidikan abad 21 yang memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi, pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2103 juga
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media dan sumber
belajar. Pemanfaatan TIK mendorong peserta didik dalam mengembangkan
kreativitas dan berinovasi serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan Bahasa
Indonesia.
Pembelajaran
Bahasa Indonesia memanfaatkan berbagai sumber belajar seperti buku teks yang
tersedia dalam bentuk buku guru dan buku siswa. Sesuai dengan Karakteristik
Kurikulum 2013, buku teks bukan satu-satunya sumber belajar. Guru dapat
menggunakan buku pengayaan atau referensi lainnya dan mengembangkan bahan ajar
sendiri seperti LKS (Lembar Kerja Siswa). Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia,
LKS bukan hanya kumpulan soal.
II.
KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Kelas X
Alokasi Waktu:3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan
Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi
sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran
untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
3.1 Mendemonstrasikan tindak tutur menyapa
(salam, menanyakan keadaan),
memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan terima kasih (taqdim
al-syukr), meminta maaf (al-isti’fa), dan berpamitan (wada’an),
dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1Menggunakan tindak
tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf),
mengucapkan terima kasih (taqdim al- syukr), meminta maaf (al
isti’fa), dan berpamitan (wada’an), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
Teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis untuk mengungkapkan (a) menyapa,
salam, menanyakan keadaan(b) memperkenalkan diri, (c) mengucapkanterima kasih, dan (d)
menyampaikan (e) permintaan
maaf, (f) berpamitan,serta
responnya
· Fungsi
sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan
teman
· Struktur
teks
Sapaan& Menanyakan
keadaan
كيفحالك؟السلامعليكم,
الحمدللهبخير
صباحالخير , نهاركسعيد , مساءالخير , ليلتكسعيدة .
Memperkenalkan diri
اسميأحمد , أناطالب .
اسميفطرية . أناطالبة .
اسميهادي . أنامدرس.
dan seterusnya
Berpamitan
إلىاللقاء !
معالسلامة .
فيأمانالله.
dan
semacamnya
Ucapan terima kasih
شكراكثيرا
.
عفوا
لاشكرعلىالواجب
Permintaan
maaf
استعفيمنكم
, معذرة .
Berpamitan
إلىاللقاء
معالسلامة
dan semacamnya
· Unsur
kebahasaan
(1) Huruf Hijaiyah, dan pelafalannya.
(2) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(3) Kosakata dan isim isyarah, seperti:
هذا , هذه , ذلك , تلك
(4) Tulisan tangan (khat)
|
Menyaksikan,
menyimak, meniru, dan berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakanmenyapa, memperkenalkan
diri, berpamitan, mengucapkan terima kasih, dan meminta
maaf, serta meresponnya dengan
memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya yang sesuai dengan konteks
Bertanya
dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan
tindakan menyapa, berpamitan,
mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf, serta meresponnya
Melakukan tindak tutur menyapa, memperkenalkan diri, berpamitan,
mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf, serta meresponnya dengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam
kehidupan di sekolah dan masyarakat
|
3.2 Mengemukakan jati diri (huwiyah), dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan
dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.2Menjelaskan jati diri
(huwiyah) dengan memperhatikan fungsisosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
dan sesuai konteks
|
Teks interaksi lisan dan
tulis memberi dan meminta
informasi terkait jati diri
·
Fungsi sosial
Mengenalkan, menyebutkan identitas, untuk saling
mengenal dan menjalin hubungan antar pribadi dengan teman dan guru
·
Struktur teks
اسميعقيل
. عمريالآنخمسةعشر . اسمأبيأحمد . هومدرسفيالمدرسةالإبتدائية . وأمياسمهارحمة. هيربةالبيت
. عنديأخواحدوأختان . وأنتماسمك؟
اسميفكري
. عمريالآنستةعشر . اسمأبيبخاري . هوتاجرفيالسوق . وأمياسمهاليلى. هيمدرسةفيالمدرسةالثانوية
. عنديثلاثأخوات .
dan contoh_contoh lain.
· Unsur kebahasaan
(1) Status hubungan kekerabatan, teman, tetangga
(2) Kata Ganti (Dhomir)
-
أنا , أنتَ, أنتِنحن
-
هو , هما , هم , هي , هما , هن
(3) Kata tanya(الاستفهام )
ما ....؟
من .... ؟
أين .... ؟
(4) Fi’il yang digunakan:
أسكن , أتعلم , يعمل ,
dan sebagainya.
(5) Ucapan, tekanan kata, Intonasi
(6) Ejaan, pelafalan dan tanda baca
(7) Tulisan tangan (khat).
|
· Menyaksikan, menyimak, meniru, dan berpartisipasi
dalam interaksi yang melibatkan tindakanmemberi dan meminta informasi tentang jatidiri, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya yang sesuai dengan konteks
· Bertanya
dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi tentang jati diri
· Melakukan tindakanmemberi dan meminta informasi tentang jati
diri dengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam kehidupan
di sekolah dan masyarakat
|
3.3Mengemukakan
nama hari (asma al-ayyam),
bulan (syuhur al-hijriyahmiladiyah), nama
waktu dalam hari (shobah, nahar, masa lailah),
waktu dalam bentuk angka (sa’ah),
tanggal (tarikh), dan tahun (sanah hijriyah/miladiyah),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.3
Menggunakan teks sederhana terkait nama hari (asma al-ayyam), bulan (syuhur al-hijriyah/miladiyah),
nama waktu dalam hari (shobah, nahar, masa, lailah),
waktu dalam bentuk angka (sa’ah), tanggal (tarikh),
dan tahun (sanah hijriyah/miladiyah), dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Teks interaksi lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan (a) nama
hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e)
tanggal, dan (f) tahun
· Fungsi
sosial
Memberi/meminta informasi mengenai (a) nama
hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e)
tanggal, dan (e) tahun untuk mengelola kehidupan manusia
·
Struktur teks
أحمد : عفواياأخي , كمتاريخهذااليوم؟
فضلي : اليومالتاسععشرمنشهرأغستس
.
dan
sebagainya.
·
Unsur kebahasaan
(1) Kosa kata terkait hari, bulan, waktu dalam hari,
waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
(2) Kata kerja yang relevan
(3) Kata tanya yang relevan
(4) Angka dalam bahasa
Arab
(5) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(6) Ejaan dan tanda baca
(7) Tata Bahasa : Huruf Jar
(8) Tulisan tangan (khat)
|
· Menyaksikan, menyimak, meniru, dan berpartisipasi
dalam interaksi yang melibatkan tindakanmenyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari,
waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaannya yang sesuai dengan
konteks
· Bertanya
dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan
tindakan menyatakan dan menanyakan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal,
dan tahun
· Malakukan tindakanmenyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama
waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, serta
meresponnya dengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam kehidupan
di sekolah dan masyarakat
|
3.4Menunjukkan
bangunan publik (al- mabani al- ‘ammah) yang dekat dengan
kehidupan peserta didik sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.4 Menggunakan
teks sederhana terkait dengan bangunan publik (al-mabani al-‘ammah)
yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah
benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik
sehari-hari
·
Fungsi sosial
Meminta dan memberi informasi tentang nama
benda, dan bangunan umum.
·
Struktur teks
فهمي : انظر , ماهذا؟
خالد :هذاقلم .
فهمي : وماهذا؟
خالد : هذامعمل .
فهمي : شكرا
خالد : عفوا
·
Unsur kebahasaan
(1) Nama benda di lingkungan rumah dan sekolah: جدار , نافذة , باب, مكتب, قلم. غرفة,, dan sebagainya.
(2) Nama bangunan umum: معمل , مكتبة, مسجد , مقصف, dll.
(3) Kata tanya ماذا , كم, هل.
(4) Kata benda mufrad,
mutsanna, dan jamak.
(5) Kata kerja yang relevan
(6) Ucapan, tekanan kata, Intonasi
(7) Ejaan dan tanda baca
(8) Tulisan tangan (khat)
|
· Menyaksikan, menyimak, meniru, dan berpartisipasi
dalam interaksi yang melibatkan tindakanmenyatakan dan menanyakan nama benda, danbangunanpublikdengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaannya yang sesuai dengan
konteks
· Bertanya
dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan
tindakan menyatakan dan menanyakan nama
dan jumlah benda, danbangunanpublik
serta meresponnya.
· Melakukan tindakanmenyatakan dan menanyakan nama dan jumlah benda, danbangunanpublik, serta meresponnya dengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam kehidupan
di sekolah dan masyarakat
|
3.5
Menggambarkan sifat orang (sifat al-insan),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.5 Menjelaskan teks sederhana terkait sifat orang (sifat
al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan sifat orang.
·
Fungsi sosial
Meminta dan memberi informasi tentang sifat
orang dan
benda.
·
Struktur teks
(1)
كمال : السلامعليكميابدري . هذاأخي , سيفالله.
بدري :عليكمالسلام. نعم , هوجميلمثلك.
كمال : عمرهواحدوعشرين . هويعملفيالمستشفى .
بدري : هلهومتزوج؟
كمال : هولميتزوج .
بدري : شكرا
كمال : عفوا .
(2)
هذهمدرسةأحمد . هيكبيرةجدا. هيأكبرمنبيتي .
·
Unsur kebahasaan
(1) Kata sifat (na’at man’ut)
(2) Kata tanya ماذاتنظرفي ..... ؟كم ..... ؟هل ....؟
(3) Nama benda-benda yang sangat lazim di rumah, kelas, sekolah, dan sekitarnya
(4) Kata kerja yang relevan
(5) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(6) Ejaan dan tanda baca
(7)
Tulisan
tangan (khat)
|
·
Menyaksikan,
menyimak, meniru, dan berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakanmenyatakan
dan menanyakan sifat orangdengan
memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya yang sesuai dengan konteks
·
Bertanya dan mempertanyakan hal-hal
yang terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan menyatakan dan menanyakan sifat
orangserta meresponnya
·
Melakukan tindakanmenyatakan dan menanyakan sifat orangserta meresponnya dengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam kehidupan
di sekolah dan masyarakat
|
3.6 Membedakan aktivitas (ansyithah)
orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi
transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.6 Menggunakan teks
sederhana terkait dengan aktivitas (ansyithah)
orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi dari orang dan benda
·
Fungsi sosial
Meminta dan memberi informasi tentang tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang,
benda, sesuai dengan konteks penggunaannya
· Struktur teks
س : ماذاتعملهذاالصباح؟
ج : أناذاهبإلىالمدرسةصباحا .
س : هلرجعأبوكإلىبيتهنهارا؟
ج : لا, رجعالتاجرإلىبيتهمساء
.
س : ماوظيفةالقلم؟
ج : القلمهوآلةالكتابة
dan sebagainya
·
Unsur kebahasaan
(1) Kata tanya dan pernyataan, seperti :
ماذاتعملفي ...... ؟
قرأتالقرآنكلصباح
المصبحلينورالغرفةوغيرها .
نظارةآلةليساعدالنظر
(2) Penyebutan kata kerja yang sesuai untuk menyatakan
kebiasaan
(3) Fi’il madi dan mudhori
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(5) Ejaan dan tanda baca
(6) Tulisan tangan (khat)
|
·
Menyaksikan,
menyimak, meniru, dan berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakanmenyatakan
dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang dan benda, serta meresponnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaannya yang sesuai dengan
konteks
·
Bertanya dan mempertanyakan hal-hal
yang terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan menyatakan dan menanyakan tingkah
laku/ tindakan/fungsi orang dan benda
serta meresponnya
·
Melakukan tindakanmenyatakan
dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang dan benda, serta meresponnya dengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam kehidupan
di sekolah dan masyarakat
|
3.7 Menyatakan kembali ungkapan sederhana
tentang deskripsi orang dan (washf al-insan ), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
deskriptif lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7 Menjelaskan teks sederhana terkait
deskripsi orang(washf al- insan), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Teks deskriptif sangat pendek dan
sederhanatentang orangdan benda
·
Fungsi sosial
Mengenalkan,
mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dan sebagai berikut.
·
Struktur text
مدرسةالمشكاتنظيفةوواسعة.هيتتكونعلىثلاثةفصول . الفصلالأولفيالطابقالأولالفصلالثانيفيالطابقالثانيوالفصلالثالثفيالطابقالثاللث.
صلاحالدينالأيوبيرجللهصفاتعظيمة. وجههجميل. كلامهبين
.هورحيمللأطفالوالنساءومنلهإرادةنشرالسلام.
dan
lain sebagainya.
·
Unsur kebahasaan
(1) Penyebutan kata benda Mufrad, mutsanna, dan jamak.
(2) Kata sifat yang sangat lazim digunakan seperti :
كبير , نظيف , قصير , صعبة , ماهر , رحيم , صغير.
dan sebagainya.
(3) Kata kerja yang relevan.
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5) Ejaan dan tanda baca
(6) Tulisan tangan (khat)
|
·
Menyaksikan,
menyimak, meniru, dan berpartisipasi dalam interaksi yang menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi
orang dan benda, sangat pendek dan sederhana, serta meresponnya dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya yang sesuai dengan konteks.
·
Bertanya dan mempertanyakan hal-hal
yang terkait dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orangdan
benda, sangat pendek dan sederhana, serta meresponnya
·
·
Melakukan interaksi
lisan dan tulis untukmenyatakan dan menanyakan
tentang deskripsi orangdan benda, sangat pendek dan sederhana serta
meresponnya dengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam
kehidupan di sekolah dan masyarakat.
·
Menulis deskripsi
tentang orangdan benda, sangat
pendek dan sederhana dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat
|
3.7Menentukan peribahasa Arab, dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan
4.7 Menjelaskan
peribahasa Arab secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur
kebahasaan
|
PeribahasaArab pendek dan sederhana
Contoh
Peribahasa Arab:
منجدوجد
Siapa yang sungguh-sungguh pasti sukses.
قبلالرماءتملئالكنائن
Sedia payung sebelum hujan.
dan sebagainya
·
Fungsi sosial
Memahami pesan moral dalam
peribahasa
dan menghargai peribahasa sebagai karya seni
·
Unsur kebahasaan
(1) Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni
berbentuk peribahasa
(2) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(3) Ejaan dan tanda baca
(4) Tulisan tangan
|
·
Menyaksikan,
menyimak peribahasa dan berpartisipasi dalam memahamifungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaannya
yang sesuai dengan konteks.
·
Bertanya dan mempertanyakan hal-hal
yang terkait dengan makna peribahasa, fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaannya
· Melaporkan hasil identifikasi tentang makna, fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan dari peribahasa yang dibahas
|
B. Kelas
XI
Alokasi Waktu:4 jam
pelajaran/mimggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi
Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah
dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi
peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi
sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran
untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Mengemukakan
tindak tutur untuk meminta perhatian(mulahazhat), mengecek
pemahaman (al-isti’ab), menghargai kinerja yang baik, meminta
dan mengungkapkan pendapat (taqdim al-ara), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
interaksi interpersonal lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1Menggunakan teks sederhana yang berisi meminta perhatian (mulahadhat),
mengecek pemahaman (al-isti’ab), menghargai kinerja yang baik,
dan meminta dan mengungkapkan pendapat (taqdim al araa), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
·
Teks interaksi lisan dan tulis untuk: (a) meminta perhatian(mulahazhat),
(b) mengecek pemahaman (al-isti’ab), (c) menghargai
kinerja yang baik, dan (d) meminta / mengungkapkan pendapat (taqdim
al-ara), serta meresponsnya.
· Fungsi sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru dan teman
· Struktur teks
Contoh
·
لاحظ،استمع،اهتم
·
هلفهمت،هلعرفت
·
أحسنت،ممتاز،تمام
·
مارأيك
.
·
Unsur kebahasaan
(1)
Kosa kata: kata sifat sederhana
(2)
Tata bahasa:
الاسمالموصول: (الذي،اللذان،الذين،التي،اللتان،اللاتي)
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4)
Ejaan dan tanda baca
(5) Tulisan tangan
|
· Menyaksikan,
menyimak, meniru, dan berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakan
meminta
perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, serta meminta dan
mengungkapkan pendapat serta meresponnya dengan berfokus padafungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaannya yang sesuai
dengan konteks.
· Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang
terkait dengan interaksi yang
melibatkan tindakan meminta perhatian,
mengecek pemahaman, menghargai kinerja, serta meminta dan mengungkapkan pendapat, serta meresponnya
· Melakukan tindakan meminta perhatian, mengecek
pemahaman, menghargai kinerja, serta meminta dan mengungkapkan pendapat, serta meresponnya dengan tujuan
tertentu yang berfungsi dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat dengan memperhatikan pada fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya yangsesuai
dengan konteks.
· Membahas pengalaman belajar
berinteraksi yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman,
menghargai kinerja, serta meminta dan mengungkapkan pendapat,
serta meresponnya
|
3.2 Mendemonstrasikan tindak tutur tentang kemampuan (al-kafaah)
dan kemauan (al-iradah) melakukan suatu tindakan (al-‘amal),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.2 Menggunakan teks sederhana terkait kemampuan (al-kafaah) dan kemauan (al-iradah)
melakukan suatu tindakan (al amal),
dengan memperhatikan fungsi sosial (wadhaif ijtima’iyah),
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tentang: (a) kemampuan (al-kafaah) dan (b) kemauan (al-iradah)
melakukan suatu tindakan (al-‘amal).
·
Fungsi sosial
Menunjukkan
sikap personal tentang kemampuan dan kemauan diri sendiri dan orang lain
untuk melakukan suatu tindakan.
·
Struktur teks
Contoh:
هلتستطيعأنتعمل ...؟
هلتريدأن ...؟
· Unsur kebahasaan
(1) Kosa kata terkait kegiatan dan tindakan
sehari-hari di lingkungan rumah, kelas, sekolah, dan masyarakat.
(2) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(3) Ejaan dan tanda baca
(4) Tulisan tangan
|
Menyaksikan, menyimak, meniru, dan
berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemampuan dan
kemauan, melakukan suatu tindakan dengan berfokus pada fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaannya yangsesuai dengan konteks
Bertanya
dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
kemampuan dan kemauan, melakukan
suatu tindakan
· Melakukan tindakan terkait kemampuan (al-kafaah)
dan kemauan (al-iradah) melakukan suatu tindakan (al amal) dengan tujuan
tertentu yang berfungsi dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat.
· Membahas pengalaman belajar
berinteraksi yang melibatkan tindakan terkait kemampuan dan kemauan, melakukan
suatu tindakan
|
3.3
Membedakan ungkapan minta ijin (isti’dzan),
menyuruh (al-amr), dan melarang (al-nahyu), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
interaksi interpersonal lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.3 Menggunakan teks sederhana berisi tindakan minta ijin (isti’dzan),
menyuruh (al-amr), melarang (al-nahyu), dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
Teks lisan dan tulis untuk (a) minta ijin, (b)
menyuruh, (c) mengajak,(d) serta responnya
· Fungsi sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
·
Struktur teks
Contoh:
أستأذن..
تفضل !
هيا ...
·
Unsur kebahasaan
(1)
Kosa kata:
تفضل،طبعا،عفوا
(2)
Tata bahasa: Kalimat imperatif positif,
kalimat imperatif negatif
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4)
Ejaan dan tanda baca
(5)
Tulisan tangan
|
Menyaksikan, menyimak, meniru, dan berpartisipasi
dalam interaksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait minta ijin (isti’dzan),
menyuruh/menghimbau (al-amr),
melarang (al-nahyu) dengan berfokus
pada fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaannya yangsesuai dengan konteks
Bertanya
dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait minta ijin (isti’dzan),
himbauan (al-amr), larangan (al-nahyu)
· Malakukan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait permintaan izin, larangan, dan himbauan,dengan tujuan
tertentu yang berfungsi dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat.
· Membahas pengalaman belajar
berinteraksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait permintaan
izin, larangan, dan
himbauan
|
3.4
Menentukan ucapan selamat (tahniah), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional
lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4 Menggunakan teks sederhana berisi ucapan selamat (tahniah), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
|
Teks lisan dan
tulis yang menyatakan dan menanyakan
tentang ucapan selamat (tahniah)
· Fungsi sosial
Menjelaskan,
memberi alasan, memberi contoh tindakan, dan sebagai berikut
· Struktur teks
· Unsur kebahasaan
(1) Kata kerja untuk kegiatan dan tindakan sedang berlangsung.
(2) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(3) Ejaan dan tanda baca
(4) Tulisan tangan
|
·
Menyaksikan, menyimak, meniru, dan berpartisipasi
dalam interaksi yang melibatkan tindakanucapan selamat dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaannya yang sesuai
dengan konteks
· Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang
terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan ucapan selamat
· Melakukan tindakan mengucapkan
selamat dengan tujuan
tertentu yang berfungsi dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
· Membahas pengalaman belajar
berinteraksi yang melibatkan tindakan mengucapkan selamat
|
3.5 Mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (al-madli)
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.5 Menggunakan teks sederhana berisi tindakan memberi dan
meminta informasi terkait dengan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di
waktu lampau (al-madli), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
·
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (al-madli)
·
Fungsi sosial
Melaporkan,
menceritakan, menjelaskan
· Struktur teks
Contoh:
ماذاعملتفيالمدرسة؟
ماذاقرأت؟
· Unsur kebahasaan
(1) Kata kerja lampau (fi’il madhi)
(2) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(3) Ejaan dan tanda baca
(4) Tulisan tangan
|
·
Menyaksikan,
menyimak, meniru, dan berpartisipasi dalam
interaksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau (al-madli), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaannya yang sesuai dengan konteks.
·
Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang
terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (al-madli)
·
Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kejadian
yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (al-madli)dengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam
kehidupan di sekolah dan masyarakat.
·
Membahas pengalaman
belajar berinteraksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau (al-madli)
|
3.6 Mengemukakan tindak tutur
yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang sedang
dilakukan/terjadi (mudlari’)
dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi
transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.6 Menggunakan teks sederhana berisi tindakan
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang sedang
dilakukan/terjadi (mudlari’), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan
tulis yang menyatakan dan menanyakan
tentang tindakan/kejadian yang sedang dilakukan/berlangsung saat diucapkan
·
Fungsi sosial
Menjelaskan,
memberi alasan, memberi contoh tindakan, dan sebagai berikut
· Struktur teks
ماذاتحمل؟
ماذاتقرأ؟
· Unsur kebahasaan
(1) Kata kerja untuk kegiatan dan tindakan sedang berlangsung.
(2) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(3) Ejaan dan tanda
baca
(4) Tulisan tangan
|
Menyaksikan, menyimak, meniru, dan
berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakanmemberi dan meminta informasi terkait tindakan/kejadian
yang sedang dilakukan/terjadi (mudlari’)dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaannya yang sesuai
dengan konteks
Bertanya
dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi
(mudlari’)
Melakukan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait tindakan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi (mudlari’)dengan tujuan
tertentu yang berfungsi dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat dengan berfokus pada fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya yangsesuai
dengan konteks.
Membahas pengalaman belajar berinteraksi yang
melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait tindakan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi
(mudlari’)
|
3.7 Mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan
perbandingan jumlah (muqaranah al- adad), dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi
transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7 Menggunakan teks sederhana berisi tindakan memberi dan
meminta informasi terkait dengan
perbandingan
jumlah (muqaranah al-‘adad) dengan memperhatikan
fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
|
·
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan perbandingan jumlah (muqaranah al- adad)
· Fungsi sosial
Menghargai alam
semesta, memberi contoh kebiasaan baik/jelek, membanggakan, dan sebagai
berikut
· Struktur teks
Contoh:
عنديثلاثةأقلامولكأربعةأقلام.
هلعندكدراجتان؟
· Unsur kebahasaan
(1) Kata kerja dalam Simple Present Tense
(2) Kosa kata: kata benda, kata kerja, dan kata
sifat yang terkait dengan perbandingan jumlah (muqaranah
al-‘adad).
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(4) Ejaan dan tanda baca
(5) Tulisan tangan
|
·
Menyaksikan,
menyimak, meniru, dan berpartisipasi dalam
interaksi yang melibatkan tindakan
memberi dan
meminta informasi terkait perbandingan jumlah (muqaranah
al-‘adad), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya yang sesuai
dengan konteks
·
Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang
terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait perbandingan jumlah (muqaranah al-‘adad)
· Malakukan tindakan
memberi dan
meminta informasi terkait perbandingan jumlah (muqaranah al-‘adad), dengan tujuan
tertentu yang berfungsi dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat.
· Membahas pengalaman belajar
berinteraksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan
jumlah (muqaranah al-‘adad)
|
3.8 Mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan tentang
deskripsi benda (sifat al-maddah), secara sederhana dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.8 Memproduksi teks sederhana
berisi tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan keberadaan benda
(sifat al-maddah), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
·
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan deskripsi benda (sifat
al-maddah)
· Fungsi sosial
Menghargai alam
semesta, memberi contoh kebiasaan baik/jelek, membanggakan, dan sebagai
berikut.
· Struktur teks
Contoh:
هذهسيارةجميلة .
ذلكبيتجميل .
· Unsur kebahasaan
(1) Kata kerja dalam Simple Present Tense
(2) Kosa kata: kata benda, kata kerja, dan kata
sifat yang terkait dengan benda di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(4) Ejaan dan tanda baca
(5) Tulisan tangan
|
Menyaksikan, menyimak, meniru, dan
berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait deskripsi benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya yang sesuai
dengan konteks
Bertanya
dan mempertanyakan hal-hal yang
terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait deskripsi benda
· Malakukan tindakan
memberi dan
meminta informasi terkait deskripsi benda dengan tujuan tertentu yang
berfungsi dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat.
· Membahas pengalaman belajar berinteraksi yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait deskripsi benda
|
·
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (al-madli)
· Fungsi sosial
Melaporkan,
menceritakan, menjelaskan
· Struktur teks
Contoh:
ماذاعملتفيالمدرسة؟
ماذاقرأت؟
· Unsur kebahasaan
(1) Kata kerja lampau (fi’il madhi)
(2) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(3) Ejaan dan tanda baca
(4) Tulisan tangan
|
·
Menyaksikan,
menyimak, meniru, dan berpartisipasi dalam
interaksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau (al-madli), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaannya yang sesuai dengan konteks
·
Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang
terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (al-madli)
·
Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kejadian
yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (al-madli)dengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam
kehidupan di sekolah dan masyarakat.
·
Membahas pengalaman
belajar berinteraksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau (al-madli)
|
|
3.9 Menunjukkan ungkapan berisi
pesan singkat dan pengumuman/-pemberitahuan (al-akhbar aw al-ma’lumat), dengan memberi dan
meminta informasi terkait kegiatan sekolah, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks khusus sesuai dengan
konteks penggunaannya
4.9 Menjelaskan pesan singkat dan pengumuman/-pemberitahuan
(al-akhbar aw al-ma’lumat),
lisan dan tulis secara sederhana tentang kegiatan sekolah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan
|
·
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan pesan singkat dan pengumuman/-pemberitahuan (al-akhbar
aw al-ma’lumat),
· Fungsi sosial
Melaporkan,
menceritakan, menjelaskan
· Struktur teks
Contoh:
إعلانهام
ممنوعالتدخينفيالفصل
·
Unsur kebahasaan
(1) Kata kerja yang berlangsung/akan
(2) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(3) Ejaan dan tanda baca
(4) Tulisan tangan
|
·
Menyaksikan,
menyimak, meniru, dan berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait pesan
singkat dan pengumuman/-pemberitahuan (al-akhbar aw al-ma’lumat), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaannya yang sesuai dengan konteks
·
Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang
terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pesan singkat dan pengumuman/-pemberitahuan (al-akhbar
aw al-ma’lumat),
·
Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pesan singkat dan pengumuman/-pemberitahuan (al-akhbar
aw al-ma’lumat), dengan tujuan
tertentu yang berfungsi dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat.
·
Membahas pengalaman
belajar berinteraksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pesan singkat dan pengumuman/-pemberitahuan (al-akhbar
aw al-ma’lumat)
|
3.10 Memahami fungsi sosial dan unsur
kebahasaan dalam syair atau lagu bahasa Arab pendek
dan sederhana
4.10Menangkap makna
terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan
dalam syair atau lagu
Arab sangat sederhana
|
Teks puisi atau lagu bahasa Arab pendek dan sederhana
·
Fungsi sosial
Memahami pesan
moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya seni
Contoh:
عبدكالمسكينيرجو
فضلكالجمالغفير
فيكياأحسنتظني
يابشيريانذير
·
Unsur kebahasaan
(1) Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam lagu
(2) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(3) Ejaan dan tanda baca
(4) Tulisan tangan
|
Menyaksikan, menyimak, meniru, dan berpartisipasi dalam
tulisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait syair atau lagu Arab sangat
sederhanadengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya yang sesuai dengan konteks
Bertanya
dan mempertanyakan hal-hal yang terdapat dalam tulisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait dengan syair atau lagu
Arab sangat sederhana
· Melakukan monolog secara lisan dengan
memberi dan meminta informasi terkait dengan syair atau lagu Arab sangat
sederhanadengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam kehidupan di sekolah dan
masyarakat
· Menulis sederhana pengalaman
pribadi/orang lain terkait memberi dan meminta informasi terkait dengan syair atau lagu
Arab sangat sederhanasecara pendek dan
sederhana.
· Membahas pengalaman belajar
berinteraksi yang melibatkan tindakan secara lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan syair atau lagu Arab sangat
sederhana
|
C. Kelas XII
Alokasi Waktu:4 jam pelajaran/mimggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan
Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi
sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran
untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1Memberi
contoh ungkapan sederhana yang menyatakan harapan (roja’) atas
suatu kebahagiaan dan prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan dan tulis,
sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1Menggunakan teks sederhana berisi harapan (roja’) atas suatu
kebahagiaan dan prestasi, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
Menyatakan
harapan, doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan
prestasi
·
Fungsi sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru dan teman
· Struktur teks
Ø
Raja’
Contoh
أحمد : أرجوكلشيءيجريعلىخير
حمدان : أرجوكذلك
حميد : حصلتعلىالفائزالأولفيمسابقةالخطابةالعربية.
نبيل : باركاللهفينجاحكفيتلكالمسابقة
.
· Unsur kebahasaan
(1) Kosa kata: أرجو
, باركاللهأومبروك
(2) Tata bahasa: huruf jar.
(3) Ucapan, tekanan
kata, intonasi
(4) Ejaan dan tanda
baca
(5) Tulisan tangan
|
Menyaksikan,
menyimak, meniru, dan berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakan
untuk menyatakan harapan, doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan
prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaannya yang sesuai dengan konteks
Bertanya
dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan
tindakan untuk menyatakan harapan, doa dan ucapan selamat atas
suatu kebahagiaan dan prestasi
· Melakukan tindakanuntuk menyatakan harapan, doa dan ucapan
selamat atas suatukebahagiaan dan prestasi serta meresponnya dengan tujuan tertentu yang
berfungsi dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
· Membahas pengalaman belajar berinteraksi yang melibatkan tindakan untuk menyatakan harapan, doa dan ucapan
selamat atas suatukebahagiaan dan prestasi
|
3.2 Menyatakan
kembali ungkapan sederhana terkait persetujuan (muwafaqah), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.2Menggunakan teks sederhana berisi ungkapan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait persetujuan (muwafaqah)
melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Menyatakan
persetujuan (muwafaqah)
· Fungsi sosial
Menyatakan
rencana, menyarankan, menghargai, memberikan kritik, menjaga hubungan interpersonal.
· Struktur teks
Memulai
كيفإذانعقدمسابقةكتابةالحكايةفيالسنةالقادمة؟
Merespon (Responding)
-
هذهاقتراحممتازجدا !
-
أناموافقلاقتراحك .
·
Unsur kebahasaan
(1) Kata
tanya كيفإذا .... ؟
(2) Kata kerja أوافق
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4) Ejaan dan tanda baca
(5) Tulisan tangan
|
Menyaksikan,
menyimak, meniru, dan berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakan
untuk mengungkapkan maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/
kegiatandengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaannya yang sesuai dengan konteks
Bertanya
dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan
tindakan untuk mengungkapkan maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu
tindakan/kegiatan
· Malakukan tindakan untuk mengungkapkan maksud, tujuan, persetujuan, melakukan
suatu tindakanyang berfungsi
dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat.
· Membahas pengalaman belajar berinteraksi yang mengungkapkan maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu
tindakan/kegiatan
|
3.3 Menentukan
ungkapan terkait maksud (al-maqashid) dan tujuan (al-ahdaf)
melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan
dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.3Menggunakan teks sederhana berisi ungkapan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait maksud (al-maqashid) dan
tujuan (al-ahdaf) melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
Mengungkapkan maksud dan tujuan, melakukan tindakan/kegiatan
·
Fungsi sosial
Menjaga
hubungan interpersonal.
·
Struktur teks
(1)
Menyebutkan maksud suatu tindakan
(2) Menyebutkan
informasi rinci tentang tujuan dan maksud tindakan
·
Unsur kebahasaan
(1) Ungkapan dan
kosa kata yang lazim untuk mengungkapkan maksud dan tujuan suatu tindakan/
kegiatan
(2) Tata bahasa: kata
Tanya.
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4) Ejaan dan tanda baca
(5) Tulisan tangan
|
Menyaksikan,
menyimak, meniru, dan berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakan
untuk mengungkapkan maksud, tujuan untuk melakukan suatu tindakan/
kegiatandengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaannya yang sesuai dengan konteks
Bertanya
dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan
tindakan untuk mengungkapkan maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu
tindakan/kegiatan
· Malakukan tindakan untuk mengungkapkan maksud dan tujuan melakukan suatu tindakanyang berfungsi dalam kehidupan di sekolah
dan masyarakat.
· Membahas pengalaman belajar berinteraksi yang mengungkapkan maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan
|
3.4Membedakan
ungkapan sederhana terkait menyuruh (al-amr) dan melarang (al-nahyu)
melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan
dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4Menggunakan teks sederhana berisi ungkapan menyuruh
(al-amr) dan melarang (al-nahyu) melakukan suatu
tindakan/kegiatan, dengan mem-perhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan sesuai konteks
|
Menyuruh dan melarang melakukan suatu tindakan/kegiatan
·
Fungsi sosial
Hubungan
interpersonal yang menjadikan komunikasi sebagai alat saling mengingatkan
·
Struktur teks
(gagasan utama
dan informasi rinci)
Ungkapan
perintah dan larangan
Contoh :
انظرإلىالأمام !
اقرأكتابك !
لاتذهبوحدك !
لاتتأخرفيحضوردراستك !
· Unsur kebahasaan
(1) Tata bahasa: fi’il amr dan
nahyi
(2) Ungkapan dan
kosa kata yang lazim digunakan
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4) Ejaan dan tanda baca
(5) Tulisan tangan
|
Membaca dan
berpartisipasi dalam interaksi untuk memahami informasi dalam dialog dan Teks yang berisi kalimat
perintah dan larangan sesuai denganfungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya yang sesuai dengan
konteks
Bertanya
dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi untuk memahami
informasi dalam teks dan dialog yang berisi kalimat perintah dan larangan.
Melakukan dialog dengan teman dengan menggunakan
kalimat perintah dan larangan yang terkait dengan kehidupan disekolah dan masyarakat
|
3.5Menentukan
isi teks cerita (al-qashash) pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.5Menjelaskan teks naratif
sederhana secara lisan dan tulis, terkait teks cerita (al-qashash)
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
sesuai konteks
|
Teks cerita (al-qashash)
·
Fungsi sosial
Menceritakan
dan menjelaskan suatu cerita.
· Struktur teks
Teks cerita bahasa Arab sederhana
·
Unsur kebahasaan
(1) Tata Bahasa: Masdar
(2) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(3) Ejaan dan tanda baca
(4) Tulisan tangan
|
Menyaksikan, menyimak, meniru, dan
berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakan untuk meminta dan
memberi informasi terkait cerita dalam suatu teks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaannya yang sesuai dengan konteks
Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang
terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan untuk untuk memahami suatu
teks cerita
melakukan tindakan meminta dan memberi informasi terkait
cerita dalam teksyang berfungsi dalam kehidupan disekolah dan masyarakat.
· Membahas pengalaman belajar berinteraksi untuk meminta
dan memberi informasi terkait suatu teks
|
3.6Membedakan
iklan (al-i’lan) produk dan jasa, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.6 Menentukan informasi dalam teks iklan (al-i’lan)
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai konteks
|
Meminta dan memberi informasi terkait iklan (i’lan) produk dan jasa.
· Fungsi sosial
Melaporkan,
menceritakan, dan menjelaskan
· Struktur teks
Teks berbahasa Arab
yang berisi iklan atau pengumuman.
· Unsur kebahasaan
(1) Mufrad, mutsanna, dan jamak.
(2) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(3) Ejaan dan tanda baca
(4) Tulisan tangan
|
Membaca,
mendengarkan dan berpartisipasi dalam interaksi untuk memahami informasi
dalam iklan dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya yang sesuai dengan konteks.
Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang
terkait dengan interaksi untuk memahami informasi
pada iklan
Menyampaikan
kesimpulan terkait fungsi sosial, unsur kebahasaan pada iklandengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat.
Membahas pengalaman
belajar berinteraksi untuk menyatakan dan menanyakan informasi pada iklan produk barang dan jasa
|
3.7Menyatakan kembali kisah-kisah teladan dalam bahasa Arab sangat
sederhanadengan memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan.
4.7Menjelaskan
teks-teks kisah teladan dalam bahasa Arab sangat sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan
|
Teks
kisah-kisah teladan
· Fungsi sosial
mengajarkan
nilai-nilai luhur melalui kisah teladan
·
Struktur teks
(gagasan utama
dan informasi rinci)
(1) Memperkenalkan tokoh, tempat, waktu,
terjadinya kisah (orientasi)
(2)
Memberikan
penilaian (evaluasi) tentang situasi dan kondisi terjadinya cerita.
(3)
Memaparkan
krisis yang terjadi terhadap tokoh utama (komplikasi)
(4)
Memaparkan
akhir kisah, di mana krisis berakhir (resolusi) dengan
bahagia atau sedih
(5)
Memberikan
alasan atau komentar umum (reorientasi), opsional
· Unsur kebahasaan
(1) Tata bahasa: Tasybih
(2) Kalimat langsung dan tidak langsung
(3) Kosa kata: tokoh orang, binatang dalam fabel, tempat dan benda-benda terkait
tokoh
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5) Ejaan dan tanda baca
(6) Tulisan tangan
|
Membaca, mendengarkan dan berpartisipasi dalam interaksi untuk memahami
informasi dalam teks kisah teladan,dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaannya yang sesuai dengan konteks.
Bertanya dan
mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi untuk memahami informasi dalam teks tentang kisah teladan.
Menceritakan kembali cerita yang sudah
dipelajari sebelumnya.
Membahas pengalaman belajar, berinteraksi
untuk memahami informasi dalam teks naratif cerita rakyat
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar