RPP
A.
Identitas
Satuan Pendidikan : SMA Negeri
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas/Semester :
XI/
1 (Ganjil)
Materi Pokok :
Senyawa
Hidrokarbon dan Minyak Bumi
Alokasi Waktu :
2
jam pelajaran (1 pertemuan)
B. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukka sikap sebagai bagian dari solus
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasar-kan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerap-kan pengetahuan prose-dural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat-nya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
C. Kompetensi
Dasar
1.1. Menyadari
adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan
fakta dan opini, ulet, teliti,
bertanggung jawab, kritis, kreatif,
inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan
serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2. Menunjukkan
perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta
hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3. Menunjukkan
perilaku responsif, dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.1. Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon
berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya
4.1. Menemukan berbagai struktur molekul hidrokarbon dari
rumus molekul yang sama dan memvisualisasikannya.
D. Indikator
1. Mengagungkan kebesaran Tuhan YME
2. Menyadari bahwa ketentuan yang ditetapkan
oleh Tuhan YME adalah yang terbaik untuk semua ciptaan-Nya.
3. Rasa Ingin tahu
4. Menjelaskan pengertian senyawa hidrokarbon
5. Menjelaskan
kekhasan atom karbon
6. Mengidentifikasi
atom karbon primer, sekunder, dan tersier
7. Menjelaskan struktur dan tata nama alkana, alkena, dan alkuna.
E. Tujuan
Pembelajaran
1. Menumbuhkan
kesadaran diri akan keagungan Tuhan YME.
2. Menumbuhkan
kesadaran akan ketetapan Tuhan YME merupakan ketetapan yang terbaik untuk
kehidupan umat manusia melalui kegiatan mengamati tayangan video atau animasi
dan kegiatan latihan kelompok/individu yang imajinatif.
3. Mengembangkan
perilaku rasa ingin tahu, teliti, tekun/ulet dan saling menghargai pendapat
melalui kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab dan penugasan individu.
4. Melalui
diskusi dan latihan, siswa dapat menjelaskan pengertian senyawa hidrokarbon
5. Melalui
diskusi dan latihan, siswa dapat menjelaskan kekhasan atom karbon
6. Melalui
diskusi dan latihan, siswa dapat mengidentifikasi atom karbon primer, sekunder, dan tersier
7. Melalui
diskusi dan latihan, siswa dapat menjelaskan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.
F. Materi
1. Pengertian senyawa hidrokarbon
2. Kekhasan
atom karbon
3. Atom
karbon primer, sekunder, dan tersier
4. Struktur
dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna
G. Strategi Pembelajaran
Model : SOCT (Structure Oriented
Chemistry Teaching)
Pendekatan : Lingkungan
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab
H. Media
dan Sumber Belajar
1. Media :
Papan tulis, laptop, LCD, dan Infokus
2. Sumber Belajar : J.M.C. Johari, M.Sc. dan Ir. M. Rachmawati, M.Phil. 2007. Kimia 1 untuk
Kelas X Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta : esis.
I. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
a. Guru mengucapkan salam kepada siswa dengan
senyum yang bersahabat/ komunikatif;
b. Guru mengajak siswa berdoa bersama sesuai
keyakinan masing-masing;
c. Guru memeriksa kehadiran siswa;
d. Guru melakukan apersepsi dan memotivasi siswa
dengan cara mengajukan pertanyaan tentang bahan-bahan apa saja yang dipergunakan/
ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan senyawa karbon;
e. Guru menyampaikan materi pembelajaran, tujuan
pembelajaran yang harus dicapai siswa dan kegiatan pembelajaran hari ini;
f. Siswa diminta duduk bersama kelompoknya masing-masing.
2. Kegiatan
Inti (60
menit)
a. Siswa dalam kelompok diminta untuk mengamati
produk-produk kimia dalam kehidupan
yang berhubungan dengan senyawa karbon. Kemudian, Siswa dalam kelompok
membaca materi
tentang senyawa karbon, kekhasan atom karbon, atom karbon primer,
sekunder, dan tersier serta struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.
b. Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan
dengan senyawa karbon. Apa itu senyawa karbon ? Apa saja kekhasan dari atom karbon ?
c. Siswa dalam kelompok diminta mengkaji
literatur tentang senyawa karbon, kekhasan atom karbon, atom karbon primer,
sekunder, tersier dan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.
d. Guru mengamati, menjawab pertanyaan, dan
membimbing siswa atau kelompok yang masih ada kesulitan.
e. Siswa menyimpulkan tentang senyawa karbon, kekhasan atom karbon, atom karbon primer,
sekunder, tersier dan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.
f. Perwakilan masing-masing kelompok
menyampaikan hasil (presentasi) diskusinya dan kesimpulannya dengan tata bahasa
yang benar.
g. Guru mengamati penyampaian hasil diskusi dan
meminta kelompok lain menjadi penyanggah. Kemudian Kelompok penyaji menanggapi,
mencatat, dan menjawab setiap pertanyaan dari kelompok lain.
h. Guru memberikan apresiasi kepada kelompok
penyaji dan kelompok lain yang berpartisipasi aktif. Selanjutnya, guru
memberikan penegasan pada setiap pokok materi bahasan hasil diskusi.
3. Kegiatan
Penutup (15 menit)
a. Bersama siswa menyimpulkan kekhasan atom karbon, atom karbon primer, sekunder,
tersier dan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna
b. Melaksanakan evaluasi pembelajaran
c. Memberikan tugas membaca materi selanjutnya untuk pertemuan yang akan datang.
d. Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran yang akan datang.
J. Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Jenis Tagihan : Tugas Individu
2. Alat ukur :
Tes Tulis
3. Bentuk : Pilihan Ganda
4. Instrumen Penilaian Kognitif
5. Instrumen Penilaian Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
Mengajukan
Pertanyaan
|
Mengajukan
Pendapat
|
Menggunakan
Bahasa Baku
|
Menerima
Perbedaan
|
||||
Keterangan
:
1. Kurang =
1 Nilai = (Jumlah Skor
Perolehan : 12) X 100
2. Baik =
2
3. Sangat BaikNilai = 3
6. Instrumen Penilaian Keterampilan :
Penilaian Proyek
Menyusun
laporan tentang
contoh senyawa karbon yang ada dalam kehidupan
sehari-hari.
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
Topik
|
Relevansi
|
Asli
|
Inovasi
|
||||
Keterangan
:
1. Kurang =
1 Nilai = (Jumlah Skor
Perolehan : 12) X 100
2. Baik =
2
3. Sangat BaikNilai = 3
Catatan Supervisi
:
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
Instrumen
Penilaian Kognitif
KISI-KISI NASKAH
SOAL PILIHAN GANDA
BAB I KIMIA
KELAS XI
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pembelajaran
|
Indikator Soal
(TP)
|
Butir soal
Pilihan Ganda
|
Kunci Jawaban
|
Nomor Soal
|
1
|
3.1 Menganalisis
struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom
karbon dan penggolongan senyawanya
|
3.1.1. Menjelaskan
pengertian senyawa hidrokarbon
|
Diberikan beberapa contoh senyawa, siswa dapat
mengelompokkan contoh senyawa hidrokarbon dengan benar
|
Perhatikan
beberapa Senyawa berikut !
1. C2H6 dan C12H22O11 4. CO2 dan H2O
2. CH4 dan C2H4 5. CH4 dan CO2
3. C2H4 dan C6H12O6
Pasangan Senyawa yang merupakan Senyawa hidrokarbon ditunjukkan oleh nomor . . .
A.
1 B. 2 C. 3 D. 4 E.5
|
B
|
1
|
3.1.2. Menjelaskan kekhasan atom karbon
|
Diberikan pernyataan tentang kekhasan atom karbon, siswa dapat menjelaskan alasan mengenai kekhasan atom karbon tersebut dengan
benar.
|
Salah satu
faktor yang menyebabkan senyawa karbon banyak jumlahnya adalah . . .
a atom
karbon mempunyai 6 elektron valensi
b. atom karbon
sangat reaktif
c. titik didih
karbon sangat tinggi
d. atom karbon
mempunyai 4 elektron valensi
e. atom karbon
lebih mudah larut dalam air
|
D
|
2
|
||
3.1.3. Mengidentifikasi atom karbon primer, sekunder, dan tersier
|
Diberikan strukur dari senyawa hidrokarbon, siswa dapat mengidentifikasi atom karbon primer, sekunder, dan tersier.
|
Perhatikan struktur senyawa hidrokarbon berikut !
Secara berurutan jumlah atom karbon primer, sekunder
dan tersier sebanyak . . .
A.
3, 3, 1 B. 3, 2, 1 C. 2, 3, 4 D. 1, 3, 3 E. 1, 2, 3
|
A
|
3
|
||
Diberikan struktur senyawa hidrokarbon, siswa dapat menentukan atom karbon kuartener dengan benar
|
Perhatikan struktur senyawa berikut !
Atom karbon kuartener ditunjukkan oleh nomor . . .
A.
1 B. 2
C. 3 D. 4 E.5
|
C
|
4
|
|||
Lanjutan Kisi-kisi BAB I Kimia Kelas
10 …..
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pembelajaran
|
Indikator Soal
(TP)
|
Butir soal
Pilihan Ganda
|
Kunci Jawaban
|
Nomor Soal
|
3.1.4.Menjelaskan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.
|
Diberikan
struktur senyawa alkana, siswa dapat menjelaskan nama IUPAC dari struktur berikut dengan benar
|
Perhatikan struktur senyawa alkana berikut!
Nama IUPAC dari struktur diatas adalah . . .
A.
2,3,3,4 –tetrametilpentana
B.
1,2,3,4
–tetrametilpentana
C.
2,3,3,4 –tetrametilheptana
D.
2,3,3,4 –tetrametiheksana
E.
1,2,3,4
-tetrametilheksana
|
A
|
5
|
||
Diberikan
struktur senyawa alkena, siswa dapat menjelaskan nama IUPAC dari struktur berikut dengan benar
|
Perhatikan struktur senyawa alkena berikut
!
Nama IUPAC dari struktur diatas adalah
. . . .
A.
2,3-dietil-4-metil-1-butena
B.
2,3-dietil-4-metil-1-heptena
C.
2,3-dietil-4-metil-1-heksena
D.
3,4-dietil-2-metil-1-heksena
E.
2,4-dietil-3-metil-1-heksena
|
C
|
6
|
|||
Diberikan struktur
senyawa alkuna, siswa dapat menjelaskan nama IUPAC dari struktur berikut dengan benar
|
Perhatikan struktur senyawa alkuna berikut
!
Nama IUPAC dari struktur diatas adalah
. . . .
A.
2,2,5-trimetil-3-heptuna
B.
3,3,5-trimetil-3-heksuna
C.
2,2,5-trimetil-3-pentuna
D.
3,3,5-trimetil-3-heptuna
E.
2,2,5-trimetil-3-oktuna
|
A
|
7
|
|||
Keterangan
:
Nilai = ∑ Jumlah skor yang diperoleh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar