Cari Blog Ini

15 November 2016

SILABUS MATA PELAJARAN EKONOMI SMA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI

diknas
 







SILABUS MATA PELAJARAN
SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH
(SMA/MA)








MATA PELAJARAN
EKONOMI








KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2016




I.  PENDAHULUAN



A.    Rasional


Tema sentral pengembangan Kurikulum 2013 adalah menghasilkan insan Indonesia yang  produktif, kreatif, inovatif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, maka proses pembelajaran pada satuan pendidikan harus diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang bagi tumbuhnya prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan potensi bakat, minat, dan perkembangan fisik, serta psikologis siswa.

Abad 21 dikenal dengan era globalisasi yang ditandai dengan peradaban, budaya, dan batas antarbangsa menjadi semakin menyatu. Manusia dapat dengan mudah berbaur dengan manusia lain di berbagai belahan bumi. Proses mobilitas  dan konektivitas orang, barang, dan jasa, serta informasi antarwilayah dan antarnegara semakin tinggi. Mobilitas tersebut dapat berbentuk distribusi barang dan jasa dalam kegiatan ekonomi global, lalu lintas pembayaran internasional, kegiatan pariwisata, pertukaran sumber daya ekonomi, serta transfer teknologi informasi dan komunikasi (TIK).Tantangan abad 21 terletak pada kecakapan individu dalam menghadapi perubahan dan perkembangan zaman. Untuk menjawab tantangan tersebut, maka perlu disiapkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi berpikir kritis dan pemecahan masalah, inovatif dan kreatif, komunikatif dan kerja sama, serta pemahaman tentang teknologi, demokratis, terbuka, mampu bersaing dan bersanding, dan santun.

Fenomena tersebut di atas selain berdampak positif, juga dapat menimbulkan ekses negatif yang perlu diantisipasi dengan perubahan paradigma pembangunan. Paradigma pembangunan perlu ditransformasikan dari paradigma yang berfokus pada kekayaan alam menuju paradigma peradaban sebagai kekayaan dan modal pembangunan sehingga menghasilkan manusia sebagai pelaku atau produsen.

Kurikulum mata pelajaran Ekonomi sebagai bagian integral dari Kurikulum 2013 dirancang untuk menyiapkan siswa agar memiliki kompetensi yang dibutuhkan tersebut. Untuk itu, kompetensi dasar (KD) dan materi pembelajaran mata pelajaran Ekonomi disusun dengan memperhatikan urutan (sequence), kedalaman dan keluasan materi, rumusan Kata Kerja Operasional (KKO) yang sesuai dengan tuntutan kompetensi inti, linieritas dan koherensi struktur kompetensi, dan kontekstualisasi peraturan perundangan.

Perubahan tata kelola lembaga jasa keuangan, perkembangan sistem dan alat pembayaran, pentingnya literasi keuangan, perkembangan TIK dan perkembangan model kerjasama ekonomi internasional seperti Uni Eropa (UE), ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA) dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang berdampak terhadap cara manusia dalam melakukan produksi, distribusi dan konsumsi serta perubahan struktur pasar. Hal tersebut sangat perlu diintegrasikan dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran lebih kontekstual dan menarik minat belajar siswa.

Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Silabus ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran agar siswa mampu memahami materi pembelajaran ekonomi dengan melakukan aktivitas mengamati, menanya, mengumpulkan informasi menalar, dan mengomunikasikan.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal.  Atas dasar prinsip tersebut, silabus berisi tiga kolom yang mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan kegiatan yang dirancang berbasis aktifitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam mengembangkan materi, mengelola proses pembelajaran, menggunakan metode dan model pembelajaran yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan siswa.


B.    Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial  di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah


Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menjadi salah satu mata pelajaran di pendidikan dasar (SD/MI dan SMP/MTs), sedangkan di pendidikan menengah (SMA/MA) IPS sebagai kelompok peminatan bersama-sama dengan peminatan MIPA; Bahasa dan Budaya. IPS di pendidikan dasar khususnya SD, bersifat terpadu-integreted karena itu pembelajarannya tematik. Pada kelas rendah (I,II dan III) IPS dipadukan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika; pada SD/MI kelas tinggi (Kelas IV, V, dan VI) menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri.  Pada jenjang SMP/MTs, pembelajarannya bersifat terpadu-korelatif, secara materi konsep-konsep ilmu sosial dalam IPS belum terikat pada tema. Pada pendidikan menengah yaitu SMA/MA  IPS menjadi kelompok peminatan, yang di dalamnya terdiri atas mata pelajaran yang berdiri sendiri (monodisipliner) yaitu Geografi, Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah.Kajian Antropologi merupakan bagian dari rumpun atau kelompok ilmu-ilmu sosial, akan tetapi kebijakan dalam penyelenggaraan peminatan di SMA/MA, mata pelajaranAntropologi masuk dalampeminatan Bahasa dan Budaya. Dengan demikian, pemetaan kompetensi Antropologi menjadi bagian dari kelompok IPS.
Berkaitan dengan penjelasan di atas, kompetensi siswa yang diharapkan setelah mengikuti pembelajaran IPS di pendidikan dasar dan kelompok peminatan IPS di pendidikan menengah adalah sebagai berikut.

·      Mengenal dan memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya;
·      Mengaplikasikan teori, pendekatan dan metode ilmu-ilmu sosial dan humaniora, dalam penelitian sederhana dan  mengomunikasikan secara lisan dan/atau tulisan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah dengan memanfaatkan teknologi informasi;
·      Berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, kreatif, inovatif, kolaboratif dan terampil menyelesaikan masalah dalam kehidupan masyarakat;
·      Memahami dampak dari perkembangan ilmu pengetahuan terhadap perkem­bangan teknologi dan kehidupan manusia baik di masa lalu maupun potensi dampaknya di masa depan bagi dirinya, orang lain, dan lingkungannya;
·      Memiliki komitmen dan  kesadaran  terhadap  nilai-nilai  sosial  dan kemanusiaan serta bangga menjadi warga negara Indonesia;
·      Berkomunikasi, bekerja sama, dan berdaya saing dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, global.


C.    Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah


Kompetensi Mata Pelajaran Ekonomi SMA/MA mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki dan dikuasai siswamerupakan pengembangan yang tidak terpisahkan dari kompetensi IPS SD/MI dan SMP/MTs. Pengembangan kompetensi Mata Pelajaran Ekonomi memperhatikan prinsip relevansi dan keberlanjutan (kontinuitas) dari kompetensi yang telah diberikan sebelumnya.

Berikut adalah kompetensiyang diharapkan setelah siswa mempelajari mata pelajaran Ekonomi SMA/MA.

































 






























Gambar 1. Peta Kompetensi Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas I – XII


Kompetensi mata pelajaran Ekonomi sebagaimana pada gambar di atas, dicapai secara bertahap dalam tingkat perkembangannya mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII. Oleh karena itu, kompetensi yang diharapkan setelah siswa mempelajari mata pelajaran Ekonomi di SMA/MA kelas X – XII adalah agar siswa mampu menjadi warga negara yang memiliki kesadaran, pemahaman,dan kemampuan mengelola sumber daya alam serta menciptakan peluang untuk memenuhi kebutuhan yang bervariasi dengan sumber daya yang terbatas melalui kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi dalam konteks kecintaan pada bangsa dan tanah airdengan memanfaatkan teknologi secara bijak, percaya diri, dan berkarakter.

D.    Kerangka Pengembangan Kurikulum Mata PelajaranEkonomi Sekolah Menengah Atas/Madarasah Aliyah


Mata Pelajaran Ekonomi diberikan pada jenjang SMA/MA kelas X, XI, dan XII untuk peminatan IPS dan menjadi pilihan kelompok mata pelajaran lintas minat bagi peminatan lain (peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa dan Budaya serta Keagamaan). Kerangka pengembangan kurikulum mata pelajaran ekonomi yang diformulasikandalam Kompetensi Dasar mengacu kepada Kompetensi Inti.

Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karkateristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Penyempurnaankurikulum mata pelajaran ekonomi dilakukan atas dasar masukan dari publik (masyarakat sipil, asosiasi profesi, akademisi,kalangan persekolahan) terhadap ide, dokumen, dan implementasi kurikulum yang diperoleh melalui monitoring dan evaluasi serta dari berbagai media. Penyempurnaan mencakup penataan kompetensi dasar (KD) dan materi pembelajaran dengan memperhatikan urutan (sequence), kedalaman dan keluasan materi disesuaikan dengan tuntutan pembelajaran abad 21, rumusan kata kerja operasional (KKO) yang sesuai dengan tuntutan kompetensi inti, linieritas dan koherensi struktur kompetensi dengan tetap memperhatikan ruang lingkup materi, dan kontekstualisasi peraturan perundangan, serta penyederhaan format silabus agar mudah dipahami.
Ruang lingkup materidan Tabel peta materi mata pelajaranekonomi dalam rangka mencapai Kompetensi Inti pada jenjang SMA/MA adalah sebagai berikut.
1.        Ilmu Ekonomi Mikro
2.        Ilmu Ekonomi Makro
3.        Badan Usaha (BUMN/BUMD/BUMS/Koperasi)
4.        Manajemen
5.        Akuntansi 

Tabel
Peta Materi Mata Pelajaran Ekonomi SMA/MA

Kelas X
Kelas XI
Kelas XII
·      Konsep dasar ilmu ekonomi
·      Masalah ekonomi dalam sistem ekonomi
·      Peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi
·      Keseimbangan pasar dan struktur pasar
·      Bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran
·      Lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia
·      Konsep manajemen
·      Konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia
·      Perkoperasian dalam perekonomian Indonesia

·         Konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional
·         Konsep pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi serta permasalahan dan cara mengatasinya
·         Permasalahan ketenagakerjaan dalam pembangunan ekonomi
·         Indeks harga dan inflasi
·         Kebijakan moneter dan kebijakan fiskal
·         Apbn dan apbd dalam pembangunan ekonomi
·         Perpajakan dalam pembangunan ekonomi
·         Konsep dan kebijakan perdagangan internasional
·         Kerja sama ekonomi internasional

·         Akuntansi sebagai sistem informasi
·         Konsep persamaan dasar akuntansi
·         Tahapan siklus akuntansi pada perusahaan jasa (pencatatan, pengikhtisaran, pelaporan, dan penutupan)
·         Tahapan siklus akuntansi pada perusahaan dagang (pencatatan, pengikhtisaran, pelaporan, dan penutupan)


E.    Pembelajaran dan Penilaian


1.          Pembelajaran
Tuntutan pembelajaran saintifikdisamping pencapaian kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan jugamenekankan pada kompetensi spiritual dan sosial siswa. Dengan cara ini maka siswa tidak hanya diberikan pengetahuan, melainkan juga keterampilan serta pembentukan sikap dan perilaku; siswa tidak hanya tahu apa dan siapa akan tetapi juga tahu mengapa dan bagaimana sehingga menjadi perilaku pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya sikap dan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, dan nilai-nilai lainnya.

Perubahan paradigma belajar menuntut adanya kreativitas dan inovasi untuk menyesuaikan dengan tuntutan kompetensi abad 21, yang mencakup kemampuan: komunikasi, etika kerja, kemampuan prosedur, kerja sama, dan menerapkan pengetahuan dalam pekerjaan. Oleh karena itu, proses pembelajaran harus mendorongsiswa untuk memiliki berbagaikecakapan yaitu: berkomunikasi lisan dan tulisan; etika dan etos kerja yang baik; bekerja sama/bersanding dengan siapa saja; prosedural (memahami dan membuat); dan mampu menerapkan pengetahuan untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan nyata.

Pembelajaran mata pelajaran ekonomi menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik dapat menggunakan berbagai strategi dan model pembelajaran seperti: discovery learning, inquiry learning, project based learning, dan problem based learning.Namun demikian, pendidik dapat menggunakan pendekatan, metode, dan model pembelajaran lain sesuai dengan karakteristik siswa, isu perkembangan perekonomian, dan ekosistem pendidikan. Misalnya terjadinya kenaikan harga  kebutuhan pokok, fluktuasi nilai tukar mata uang, perdagangan bebas, masalah lapangan kerja, dan sebagainya. Dalam menyelesaikan masalah-masalah tersebut guru dapat menggunakan pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning), pembelajaran kooperatif (cooperative learning),pemecahan masalah (problem solving), danmodel lainnya sesuai dengan permasalahan yang dipelajari.

Perubahan paradigma pembelajaran di kelas yang menjadi tuntutan  pendidik pada implementasi Kurikulum 2013 yaitu:
a.    Pembelajaran diarahkan untuk mendorong siswa mencari tahu dan bukan diberitahu dari berbagai sumber belajar yang tersedia di mana saja dan kapan saja melalui mengamati,
b.   Pembelajaran diarahkan untuk mampu merumuskan masalah dengan melatih kemampuan bertanya, bukan hanya menyelesaikan masalah dengan menjawab melalui bantuan teknologi yang dapat menyajikan dan memproses data dengan cepat dan tepat,
c.    Pembelajaran diarahkan untuk memotivasi siswa dan melatih berpikir analitis (mengambil keputusan) bukan berpikir mekanis (rutin),
d.   Pembelajaran menekankan pentingnya kerja sama dan kolaborasi dalam menyelesaikan masalah, sehingga dapat mengomunikasikan informasi yang dihasilkan, baik cara perolehannya maupun kegunaan informasi tersebut, dan
e.    Pendidik diharapkan mampu merancang penilaian autentik yang mengarah pada berpikir tingkat tinggi.


2.  Penilaian
Penilaian hasil belajar oleh pendidik adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran siswa dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan evaluasi hasil belajar.

Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilaksanakan untuk memenuhi fungsi formatif dan sumatif dalam penilaian. Penilaian hasil belajar oleh pendidik memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi, menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi, menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi, dan memperbaiki proses pembelajaran.

Penilaian kompetensi sikap dilakukan melalui pengamatan sebagai sumber informasi utama, sedangkan penilaian melalui penilaian diri dan penilaian antarteman digunakan sebagai informasi pendukung.  Hasil penilaian sikap oleh pendidik disampaikan dalam bentuk predikat atau deskripsi. Hasil penilaian sikap digunakan sebagai pertimbangan pengembangan karakter siswa lebih lanjut. Sedangkan penilaian pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai. Penilaian keterampilan dilakukan melalui unjuk kerja/praktik, produk, proyek, portofolio dan/atau teknik lain sesuai dengan kompetensi yang dinilai sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Ekonomi.

F.     Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan Siswa

Kegiatan pembelajaran pada silabus ini dapat disesuaikan dan diperkaya dengan konteks daerah atau sekolah, serta konteks global untuk mencapai kualitas optimal hasil belajar pada siswa terhadap Kompetensi Dasar. Agar pembelajaran lebih kontekstual, maka guru diharapkan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar. Misalnya pasar tradisional, koperasi, industri kreatif, sumber daya kelautan, pesisir,hutan, dan sebagainya. Selain itu, guru juga diharapkan dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), buku teks pelajaran, lembar kerja siswa (LKS), dan referensi lain yang relevan sebagai sumber belajar, serta dapat diperkaya dengan konteks lokal sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar. Lembar kerja siswa sedapat mungkin disusun oleh guru dengan memberi peluang untuk berkembangnya kreativitas siswa yang terlibat dalam merancang prosedur kegiatan.  Lembar kerja siswa merupakan panduan bagi siswa untuk melakukan sesuatu yang menghasilkan kemampuan berpikir.


II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kurikulum 2013 menggunakan pembelajaran langsung (direct teaching) dan tidak langsung (indirect teaching). Pembelajaran langsung adalah pembelajaran yang mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir, dan keterampilan menggunakan pengetahuan melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung yang disebut dengan dampak pembelajaran (instructional effect). Pembelajaran langsung dilaksanakan dalam proses pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan. Pembelajaran tidak langsung adalah pembelajaran melalui keteladanan, ekosistem pendidikan, dan proses pembelajaran pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan memiliki dampak pengiring (nurturant effect) terhadap pembentukan sikap dan perilaku siswa.

A.   Kelas X

Alokasi Waktu: 3 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)  pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Siswa mampu:
3.1   mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi
4.1   mengidentifikasi kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan



Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
·      Pengertian ilmu ekonomi
·      Masalah ekonomi (Kelangkaandan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)
·      Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas
·      Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan
·      Biaya peluang (opportunity cost)
·      Prinsip ekonomi
·      Motif ekonomi
·      Pembagian ilmu ekonomi
·      Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

·    Mengamati dan membaca berbagai sumber belajar yang relevan tentang  konsep ilmu ekonomi
·    Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapat klarifikasi tentang konsep ilmu ekonomi
·    Melakukan identifikasi tentang kelangkaan dan biaya peluangserta membuat pola hubungan antara kelangkaan dan biaya peluang serta menyimpulkan tentang konsep ilmu ekonomi
·    Menyajikan hasil identifikasi  tentang kelangkaan dan biaya peluang sebagai bagian dari konsep ilmu ekonomiberdasarkan data/informasi dari berbagai sumber belajar yang relevan secara lisan dan tulisan
Siswa mampu:
3.2     menganalisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi
4.2     menyajikan hasil analisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi




Masalah Pokok Ekonomi
·      Permasalahan pokok ekonomi  Klasik (produksi, distribusi, dan konsumsi) dan ekonomi modern (apa, bagaimana, untuk siapa) barang diproduksi
Sistem Ekonomi
·      Pengertian sistem ekonomi
·      Macam-macam sistem ekonomi
·      Kekuatan dan kelemahan masing-masing sistem ekonomi

Sistem Perekonomian Indonesia
·       Karakteristik perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33
·       Nilai-nilai dasar perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33 (kerja sama, kekeluargaan, gotong royong, keadilan)

·    Mencermati berbagai sumber belajar yang relevan (termasuk lingkungan sekitar) tentang masalah ekonomi dan sistem ekonomi
·    Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk memperdalam dan mengklarifikasi tentangmasalah ekonomi dan sistem ekonomi
·    Mengumpulkan data dan informasi pendukung melalui observasi/pengamatan dan atau wawancara kepada narasumber tentang masalah ekonomi dan sistem ekonomi dari sumber yang relevan
·    Menganalisis  informasi dan data-data yang diperoleh tentang masalah ekonomi dan sistem ekonomi untuk membuat pola hubungan antara masalah ekonomi dengan sistem ekonomi serta mendapatkan  kesimpulan
·    Menyajikan hasil analisis tentang masalah ekonomi dalam sistem ekonomisecara lisan dan tulisan
Siswa mampu:
3.3  menganalisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi
4.3 menyajikan hasil analisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi

4.4          





Kegiatan Ekonomi
·       Produksi (Pengertian produksi, faktor-faktor produksi, teori perilaku produsen, konsep biaya produksi, konsep penerimaan, dan laba maksimum)
·       Distribusi (Pengertian distribusi, faktor-faktor yang memengaruhi distribusi, mata rantai distribusi)
·      Konsumsi (Pengertian konsumsi, tujuan konsumsi, faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi, teori perilaku konsumen)
Pelaku Ekonomi
·     Pelaku-pelaku ekonomi: Rumah Tangga Konsumsi (konsumen), Rumah Tangga Produksi (produsen), Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri
·     Peran pelaku ekonomi
·     Model diagram interaksi antarpelaku ekonomi (circular flow diagram)  sederhana (dua sektor), tiga sektor, dan empat sector

·    Mengamatiperan pelaku ekonomi dalam kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi dari berbagai sumber belajar yang relevan (termasuk lingkungan sekitar)
·    Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi tentang peran pelaku ekonomi dalam kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi
·    Menganalisis  informasi dan data-data yang diperoleh tentang peran pelaku ekonomi dalam kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi
·    Menyajikan hasil analisis peran pelaku ekonomi dalambentuk diagram interaksi antarpelaku ekonomi (circular flow diagram)sederhana (dua sektor), tiga sektor, dan empat sektor secara lisan dan tulisan
Siswa mampu:
3.4     mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar
4.4     menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan harga dan kuantitas keseimbangan  di pasar

Permintaan dan Penawaran
·     Pengertian permintaan dan penawaran
·     Faktor-faktor yang memengaruhi  permintaan dan penawaran
·     Fungsi permintaan dan penawaran
·     Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya
·     Kurva permintaan dan kurva penawaran
·     Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)
·     Proses terbentuknya keseimbangan pasar
·     Elastisitas permintaan dan penawaran

Peran pasar dalam perekonomian
·     Pengertian pasar
·     Peran pasar dalam perekonomian
·     Macam-macam pasar
·     Struktur pasar/ bentuk pasar
·     Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

·    Mengamati dan membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevantentangterbentuknya keseimbangan pasar (permintaan, penawaran dan harga keseimbangan) dan struktur pasar
·    Melakukan observasi/pengamatan dan wawancara kepada narasumber untuk memperdalam dan  mendapatkan klarifikasi tentang terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar
·    Mengolah dan menyimpulkan berdasarkan data hasil pengamatan/wawancara tentang terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar
·    Menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan harga dan kuantitas keseimbangan  di pasar secara lisan dan tulisan

Siswa mampu:
3.5     mendeskripsikan bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia
4.5     menyajikan peran bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia



Bank Sentral
·   Pengertian bank sentral
·   Tujuan, fungsi, tugas dan wewenang Bank Sentral Republik Indonesia

Sistem Pembayaran
·   Pengertian sistem pembayaran
·   Peran Bank Sentral Republik Indonesia dalam sistem pembayaran
·   Penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Sentral Republik Indonesia

Alat Pembayaran Tunai (Uang)
·      Sejarah uang
·      Pengertian uang
·      Fungsi, jenis, dan syarat uang
·      Pengelolaan uang rupiah oleh Bank Sentral Republik Indonesia
·      Unsur pengaman uang rupiah
·      Pengelolaan keuangan

Alat Pembayaran Nontunai
·      Pengertian alat pembayaran nontunai
·      Jenis-jenis alat pembayaran nontunai

·   Membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevan tentang bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran
·   Berdiskusi untuk memperdalam dan  mendapatkan klarifikasi tentang bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran
·   Menemukan contoh-contoh alat pembayaran tunai dan notunai serta fungsinya dalam perekonomian Indonesia
·   Menyimpulkan hubungan antara bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran
·   Menyajikan peran bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia secara lisan dan tulisan

Siswa mampu:
3.6   mendeskripsikan  lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia
4.6   menyajikan tugas, produk, dan peran lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia.

3.7          


Otoritas Jasa Keuangan
·      Pengertian
·      Tujuan, peran/fungsi, tugas, dan wewenang Otoritas Jasa Keuangan

Lembaga Jasa Keuangan
Perbankan
·      Pengertian bank
·      Fungsi bank
·      Jenis bank
·      Prinsip kegiatan usaha bank(konvensional dan syariah)
·       Produk bank
·       Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

Pasar Modal
·       Pengertian pasar modal
·       Fungsi pasar modal
·       Peran pasar modal
·       Lembaga penunjang pasar modal
·       Instrumen/ produk pasar modal
·       Mekanisme transaksi di pasar modal
·       Investasi di pasar modal

Perasuransian
·       Pengertian asuransi
·       Fungsi asuransi
·       Peran asuransi
·       Jenis asuransi
·       Prinsip kegiatan usaha asuransi
·       Produk  asuransi

Dana Pensiun
·       Pengertian dana pensiun
·       Fungsi dana pensiun
·       Peran dana pensiun
·       Jenis dana pensiun
·       Prinsip kegiatan usaha dana pensiun
·       Produk  dana pensiun

Lembaga Pembiayaan
·       Pengertian lembaga pembiayaan
·       Fungsi lembaga pembiayaan
·       Peran lembaga pembiayaan
·       Jenis lembaga pembiayaan
·       Prinsip kegiatan usaha lembaga pembiayaan
·       Produk  lembaga pembiayaan

Pergadaian
·       Pengertian pergadaian
·       Fungsi pergadaian
·       Peran pergadaian
·       Jenis pergadaian
·       Prinsip kegiatan usaha pergadaian
·       Produk  pergadaian

·    Membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevantentanglembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia
·    Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi  untuk memperdalam dan mendapatkan klarifikasi tentang lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia
·    Mengumpulkan data dan informasi pendukung dari sumber utama melalui observasi dan atau wawancara tentang Otoritas Jasa Keuangan, perbankan, pasar modal dan Industri  Keuangan Non Bank (IKNB)
·    Membuat pola hubungan antara Otoritas Jasa Keuangandan lembaga jasa keuanganserta menyimpulkan tentang lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia
·    Menyajikan tugas, produk, dan peran lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesiasecara lisan dan tulisan


Siswa mampu:
3.7   mendeskripsikan konsep manajemen
4.7   mengimplementasikan fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah
3.8          
3.9          


Manajemen
·      Pengertian manajemen
·      Unsur-unsur manajemen
·      Fungsi-fungsi manajemen
·      Bidang-bidang manajemen
·      Penerapan fungsi manajemen dalam kegiatan  di sekolah



·    Membaca referensi  yang relevan tentang konsep manajemen
·    Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk memperdalam dan mendapat klarifikasi tentang konsep manajemen
·    Secara berkelompok merancang penerapan konsep manajemen dalam kegiatan di sekolah
·    Menyampaikan laporan tentang rancangan penerapan konsep manajemen dalam kegiatan di sekolah secara lisan dan tulisan
Siswa mampu:
3.8   mendeskripsikan konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia
4.8   menyajikan peran, fungsi, dan kegiatan badan usaha  dalam perekonomian Indonesia

3.9          


Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
·       Pengertian BUMN dan BUMD
·       Peran BUMN dan BUMD dalam perekonomian
·       Bentuk-bentuk BUMN dan BUMD
·       Jenis-jenis Kegiatan Usaha BUMD
·       Kebaikan dan kelemahan BUMN dan BUMD

Badan Usaha Milik  Swasta (BUMS)
·       Pengertian BUMS
·       Perbedaan perusahaan swasta dan BUMS
·       Peran BUMS dalam perekonomian
·       Bentuk-bentuk BUMS
·       Kekuatan dan kelemahan BUMS
·       Jenis-jenis kegiatan usaha BUMS
·       Tahapan mendirikan usaha dalam BUMS
·         Studi Kelayakan Usaha (business plans)

·    Membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevan tentang konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia
·    Berdiskusidan tanya jawab untuk memperdalam dan mengklarifikasi tentang konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia
·    Menyimpulkan dan membuat pola hubungan antara BUMN, BUMD dan BUMS  berdasarkan informasi yang diperoleh
·    Secara berkelompok membuat dan melaporkan rancangan Studi Kelayakan Usaha (business plans) sederhana
·    Menyajikan secara lisan dan tulisantentang peran, fungsi, dan kegiatan badan usaha


Siswa mampu:
3.9   mendeskripsikan perkoperasian dalam perekonomian Indonesia
4.9   mengimplementasikan pengelolaan koperasi  di sekolah



Perkoperasian
·      Sejarah perkembangan koperasi
·      Pengertian koperasi
·      Landasan dan asas koperasi
·      Tujuan koperasi
·      Ciri-ciri koperasi
·      Prinsip-prinsipkoperasi
·      Fungsi dan peran koperasi
·      Jenis-jenis koperasi

Pengelolaan Koperasi
·      Perangkat organisasi koperasi
·      Sumber permodalan koperasi
·      Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi
·      Prosedur pendirian koperasi
·      Tahapan pendirian/ pengembangan koperasi di sekolah
·      Simulasi pendirian koperasi di sekolah


·    Membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevan tentang perkoperasian dalam perekonomian Indonesia
·    Berdiskusi dan tanya jawabuntuk memperdalam dan mendapat klarifikasi tentang perkoperasian dan melakukan wawancara kepada narasumber tentang pengelolaan koperasi
·    Membuat pola hubungan  dan menyimpulkan perkoperasian dan pengelolaan koperasi berdasarkan data/informasi yang diperoleh
·    Menyimulasikan pengelolaan koperasi di sekolah
·    Menyampaikan laporan tertulis tentang implementasi pengelolaan koperasi  di sekolah







B. Kelas XI

Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)  pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Siswa mampu:
3.1    mendeskripsikan konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional
4.1    menyajikan hasil penghitungan pendapatan nasional


Pendapatan Nasional
·      Pengertian pendapatan nasional
·      Manfaat pendapatan nasional
·      Komponen-komponen/konsep pendapatan nasional
·      Metode penghitungan pendapatan nasional
·      Pendapatan per kapita
·      Distribusi pendapatan nasional




·      Membaca referensi dan atau sumber lain yang relevan tentang konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional
·      Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi sebagai klarifikasi tentang konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional
·      Membuat pola hubungan informasi/data yang diperoleh untuk menyimpulkan tentang konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional
·      Melakukan penghitungan berdasarkan kasus yang disajikan guru atau sumber lain yang relevan
·      Menyajikan hasil analisis penghitungan pendapatan nasional secara lisan dan tulisan
Siswa mampu:
3.2     mendeskripsikan  konsep pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi serta permasalahan dan cara mengatasinya
4.2     menyajikan temuan permasalahan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi  serta cara mengatasinya



Pertumbuhan Ekonomi
·      Pengertian pertumbuhan ekonomi
·      Cara mengukur pertumbuhan ekonomi
·      Teori pertumbuhan ekonomi

Pembangunan Ekonomi
·      Pengertian pembangunan ekonomi
·      Perbedaan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi
·      Perencanaan pembangunan ekonomi
·      Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi
·      Faktor-faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi
·      Permasalahan pembangunan ekonomi di negara berkembang
·      Kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi

·      Membaca referensi dan atau sumber belajar lainnya yang relevan tentang pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi
·      Mencari informasi tambahan yang ingin diketahui  untuk mendapatkan klarifikasi melalui tanya jawab, diskusi dan atau wawancara dengan narasumber
·      Mengolah informasi/data yang diperoleh  dari sumber-sumber  yang relevan  serta membuat hubungannya untuk mendapatkan  kesimpulan tentang  pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi serta permasalahan dan cara mengatasinya
·      Menyajikan  hasil temuan permasalahan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi  serta cara mengatasinya secara lisan dan tulisan

Siswa mampu:
3.3     menganalisis permasalahan ketenagakerjaan dalam pembangunan ekonomi
4.3     menyajikan hasil analisis masalah ketenagakerjaan dalam pembangunan ekonomi dan cara mengatasinya


Ketenagakerjaan
·      Pengertian tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja
·      Jenis-jenis tenaga kerja
·      Masalah ketenagakerjaan
·      Upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja
·      Sistem upah
·      Pengangguran









·      Mencermati berbagai sumber belajar yang relevan (termasuk lingkungan sekitar) tentang permasalahan ketenagakerjaan
·      Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi serta melakukan wawancara kepada narasumber tentang permasalahan ketenagakerjaan
·      Menganalisis data dan  informasi yang diperoleh dari berbagai sumber belajar tentang masalah ketenagakerjaan
·      Menyajikan hasil analisis masalah ketenagakerjaan dalam pembangunan ekonomi dan cara mengatasinya secara lisan dan tulisan
Siswa mampu:
3.4     menganalisis indeks harga dan inflasi
4.4     menyajikan hasil analisis indeks harga dan inflasi


Indeks Harga
·      Pengertian indeks harga
·      Tujuan penghitungan indeks harga
·      Macam-macam indeks harga
·      Metode penghitungan indeks harga

Inflasi
·      Pengertian inflasi
·      Penyebab inflasi
·      Jenis-jenis  inflasi
·      Menghitung inflasi
·      Dampak inflasi
·      Cara mengatasi inflasi (secara garis besar)


Permintaan dan penawaran uang
·     Teori permintaan dan penawaran uang
·     Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan uang

·      Mencermati data/informasi yang disajikan guru dan sumber lain yang relevan tentang indeks harga dan inflasi
·      Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman tentang indeks harga dan inflasi
·      Menganalisis  secara kritis informasi dan data-data yang diperoleh serta membuat kesimpulan tentang  indeks harga dan inflasi
·      Menyajikan hasil analisis tentang indeks harga dan inflasi secara lisan dan tulisan
Siswamampu:
3.5     menganalisis kebijakan moneter dan kebijakan fiskal
4.5      menyajikan hasil analisis kebijakan moneter dan kebijakan fiskal




Kebijakan Moneter
·     Pengertian kebijakan moneter
·     Tujuan kebijakan moneter
·     Instrumen kebijakan moneter

Kebijakan fiskal
·       Pengertian kebijakan fiskal
·       Tujuan kebijakan fiskal
·       Instrumen kebijakan fiskal


·      Membaca buku teks atau sumber belajar lain yang relevan tentang kebijakan moneter dan kebijakan fiskal
·      Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi serta mencari informasi tambahan tentang  kebijakan moneter dan kebijakan fiskal
·      Menganalisis  secara kritis data dan informasi yang diperoleh serta  membuat pola hubungan dan kesimpulan tentang  kebijakan moneter dan kebijakan fiskal
·      Menyajikan hasil analisis tentang peran kebijakan  moneter dan kebijakan fiskal secara lisan dan tulisan
Siswa mampu:
3.6     menganalisis APBN dan APBD dalam pembangunan ekonomi
4.6     menyajikan hasil analisis fungsi dan peran APBN dan APBD dalam pembangunan ekonomi




APBN
·      Pengertian APBN
·      Fungsi dan tujuan APBN
·      Sumber-sumber penerimaan negara
·      Jenis-jenis belanja negara
·      Mekanisme penyusunan APBN
·      Pengaruh APBN terhadap perekonomian

APBD
·      Pengertian APBD
·      Fungsi dan tujuan APBD
·      Sumber-sumber penerimaan daerah
·      Jenis-jenis belanja daerah
·      Mekanisme penyusunan APBD
·      Pengaruh APBD terhadap perekonomian

·       Membaca referensi dan mencermati data dan informasi dari berbagai sumber yang relevan tentang APBN dan APBD dalam pembangunan ekonomi
·       Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang APBN dan APBD
·       Mencari dan mengeksplorasi data/informasi dari sumber lain yang relevan sebagai informasi pendukung untuk menganalisis APBN dan APBD
·       Menganalisis  secara kritis data dan informasi yang diperoleh serta  membuat pola hubungan dan kesimpulan tentang  APBN dan APBD
·       Menyajikan hasil analisis fungsi dan peran APBN dan APBD dalam pembangunan ekonomi secara lisan dan tulisan

Siswamampu:
3.7     menganalisis  perpajakan dalam pembangunan ekonomi
4.7     menyajikan hasil analisis fungsi dan peran pajak dalam pembangunan ekonomi




Perpajakan
·      Pengertian pajak
·      Fungsi, manfaat, dan tarif pajak
·      Perbedaan pajak dengan pungutan resmi lainnya
·      Asas  pemungutan pajak
·      Jenis-jenis pajak
·      Sistem pemungutan pajak di Indonesia
·      Objek dan cara pengenaan pajak


·      Membaca referensi dan mencermati data dan informasi dari sumber yang relevan tentang perpajakan dalam pembangunan ekonomi
·      Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi serta melakukan wawancara kepada narasumber untuk mendapatkan klarifikasi tentang perpajakan dalam pembangunan ekonomi
·      Menganalisis  data dan informasi yang diperoleh serta membuat kesimpulan tentang fungsi dan peran pajak dalam pembangunan ekonomi
·       Menyajikan hasil analisis tentang fungsi dan peran pajak dalam pembangunan ekonomi secara lisan dan tulisan
Siswa mampu:
3.8     menganalisis konsep dan kebijakan perdagangan internasional
4.8     menyajikan hasil analisis dampak kebijakan perdagangan internasional



Perdagangan Internasional
·       Pengertian perdagangan internasional
·       Manfaat  perdagangan internasional
·       Faktor pendorong dan penghambat perdagangan internasional
·       Teori perdagangan internasional
·       Kebijakan perdagangan internasional
·       Tujuan kebijakan perdagangan internasional
·       Alat pembayaran internasional
·       Neraca pembayaran internasional
·       Devisa

·      Membaca berbagai sumber belajar yang relevan tentang konsep dan kebijakan perdagangan internasional
·      Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi tentang konsep dan kebijakan perdagangan internasional
·      Menganalisis data dan informasi yang diperoleh serta membuat kesimpulan tentang dampak kebijakan perdagangan internasional
·      Menyajikan hasil analisis tentang dampak kebijakan perdagangan internasional secara lisan dan tulisan
Siswa mampu:
3.4    mendeskripsikan konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional
4.9    menyajikan hasil penghitungan pendapatan nasional


Pendapatan Nasional
·      Pengertian pendapatan nasional
·      Manfaat pendapatan nasional
·      Komponen-komponen/konsep pendapatan nasional
·      Metode penghitungan pendapatan nasional
·      Pendapatan per kapita
·      Distribusi pendapatan nasional




·      Membaca referensi dan atau sumber lain yang relevan tentang konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional
·      Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi sebagai klarifikasi tentang konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional
·      Membuat pola hubungan informasi/data yang diperoleh untuk menyimpulkan tentang konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional
·      Melakukan penghitungan berdasarkan kasus yang disajikan guru atau sumber lain yang relevan
·      Menyajikan hasil analisis penghitungan pendapatan nasional secara lisan dan tulisan





C.    Kelas XII

Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)  pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut.


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Siswa mampu:
3.1    mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi
4.1   menyajikan akuntansi sebagai sistem informasi



Akuntansi sebagai Sistem Informasi
·    Sejarah akuntansi
·    Pengertian dan manfaat akuntansi
·    Pemakai Informasi Akuntansi
·    Karakteristik kualitas informasi akuntansi
·    Prinsip dasar akuntansi
·    Bidang-bidang akuntansi
·    Profesi akuntan
·    Etika profesi akuntan



·       Membaca buku teks atau sumber belajar lain yang relevan tentang akuntansi sebagai sistem informasi
·       Berdiskusi  untuk memperdalam dan mendapatkan klarifikasi tentang akuntansi sebagai sistem informasi
·       Mengumpulkan data dan informasi tentang akuntansi sebagai sistem informasi
·       Menganalisis dan menyimpulkan  tentang akuntansi sebagai sistem informasi
·       Menyajikan/mempresentasikan hasil penalaran tentang akuntansi sebagai sistem informasisecara lisan dan tulisan
Siswa mampu:
3.2    mendeskripsikan konsep persamaan dasar akuntansi
4.2    menyajikan persamaan dasar akuntansi 
Persamaan Dasar Akuntansi
·      Konsep persamaan dasar akuntansi
·      Analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi

·       Membaca buku teks atau sumber belajar lain yang relevan tentang konsep persamaan dasar akuntansi
·       Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi  untuk memperdalam dan  mendapatkan klarifikasi tentang  analisis transaksi dan konsep persamaan dasar akuntansi
·       Mengumpulkan bukti-bukti transaksi dari sumber yang relevan untuk dianalisis dan disimpulkan pengaruhnya terhadap persamaan dasar akuntansi
·       Melakukan analisis transaksi  dan penerapannya pada persamaan dasar akuntansi berdasarkan kasus yang diberikan guru atau sumber lain yang relevan
·       Menyajikan hasil penalaran tentanganalisis transaksi dan pengaruhnya terhadap persamaan dasar akuntansi  secara lisan dan tulisan
Siswa mampu:
3.3    menganalisis penyusunan siklus akuntansi  pada perusahaan jasa
4.3    membuat  laporan keuangan pada perusahaan jasa



Penyusunan Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Jasa
·      Karakteristik perusahaan jasa
·      Bukti transaksi
·      Aturan debit-kredit dan aturan saldo normal
·      Penggolongan akun
·      Tahapan pencatatan  akuntansi pada perusahaan jasa:
-   Jurnal Umum
-   Buku Besar
·      Tahapan pengikhtisaran  akuntansi pada perusahaan jasa:
-   Neraca Saldo
-   Jurnal Penyesuaian
-   Kertas Kerja
·      Tahapan pelaporan akuntansi pada perusahaan jasa:
-   Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif  Lain
-   Laporan Perubahan Ekuitas
-   Laporan Posisi Keuangan/Neraca
-   Laporan Arus Kas

·       Membaca buku teks atau sumber belajar lain yang relevan tentangpenyusunan siklus akuntansi  pada perusahaan jasa
·       Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi  untuk memperdalam dan mendapatkan klarifikasi tentang penyusunan siklus akuntansi  pada perusahaan jasa
·       Menganalisis dan menyimpulkan  berdasarkan data dan informasiyang terkumpul serta membuat hubungan antara pencatatan, pengikhtisaran dan pelaporan akuntansi pada perusahaan jasa
·       Praktik pembuatan laporan keuangan pada perusahaan jasa dan menyajikannya secaralisan dan tulisan

Siswa mampu:
3.4     menganalisis tahapan penutupan siklus akuntansi  pada perusahaan jasa

4.4     membuat penutupan siklus akuntansi pada perusahaan jasa


Penutupan Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Jasa
·         Jurnal Penutup
·         Buku Besar Setelah Penutup
·         Neraca Saldo Setelah Penutup
·         Jurnal Pembalik




·       Membaca buku teks atau sumber belajar lain yang relevan tentangtahapan penutupan siklus akuntansi  pada perusahaan jasa
·       Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi  untuk memperdalam dan mendapatkan klarifikasi tentang tahapan penutupan siklus akuntansi  pada perusahaan jasa
·       Menganalisis dan menyimpulkan  berdasarkan data dan informasi yang terkumpul serta membuat hubungan antara jurnal penutup, buku besar setelah penutup, neraca saldo setelah penutup, dan jurnal pembalik
·       Praktik pembuatan tahapan penutupan siklus akuntansi  pada perusahaan jasa dan melaporkannya secara tulisan
Siswa mampu:
3.5    menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang
4.5    membuat laporan keuangan pada perusahaan dagang

Penyusunan  Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang
·      Karakteristik perusahaan dagang
·      Transaksi pada perusahaan dagang
·      Akun-akun pada perusahaan dagang
·      Tahapan pencatatan akuntansi pada perusahaan dagang:
-        Jurnal Khusus dan Umum
-        Buku Besar
-        Buku Besar Pembantu
·      Tahapan pengikhtisaran akuntansi pada perusahaan dagang:
-   Neraca Saldo
-   Jurnal Penyesuaian
-   Kertas Kerja
·      Tahapan pelaporan akuntansi pada perusahaan dagang:
-   Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif  Lain
-   Laporan Perubahan Ekuitas
-   Laporan Posisi Keuangan (Neraca)
-   Laporan Arus Kas


·       Membaca  buku teks atau sumber belajar lain yang relevan tentang siklus akuntansi pada perusahaan dagang
·       Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk memperdalam dan mendapat klarifiksi tentang siklus akuntansi pada perusahaan dagang
·       Menganalisis dan menyimpulkan berdasarkan data dan informasi yang dikumpulkan tentang penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang
·      Praktik pembuatan laporan keuangan pada perusahaan dagang dan melaporkannya secara tulisan
Siswa mampu:
3.6    menganalisis tahapan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan dagang
4.6    membuat penutupan siklus  akuntansi pada perusahaan dagang


Penutupan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang
·       Jurnal Penutup
·       Buku Besar Setelah Penutup
·       Neraca Saldo Setelah Penutup
·       Jurnal Pembalik


·       Membaca buku teks atau sumber belajar lain yang relevan tentang tahapan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan dagang
·       Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi  untuk memperdalam dan mendapatkan klarifikasi tentang tahapan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan dagang
·       Menganalisis dan menyimpulkan  berdasarkan data dan informasi yang dikumpulkanserta membuat hubungan antara jurnal penutup, buku besar setelah penutup, neraca saldo setelah penutup, dan jurnal pembalik
·       Praktik pembuatan tahapan penutupan siklus akuntansi pada  perusahaan dagang dan melaporkannya secara tulisan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Entri yang Diunggulkan

MERDEKA MENGAJAR