BERBAGI INFORMASI
lexminanderdoda.blogspot.co.id

Tayangan Laman

PREDIKSI BALAPAN MOTOGP JEPANG 2016 SIRKUIT MOTEGI



Akhir pekan ini perhelatan MotoGP musim 2016 akan memasuki seri ke-15 dengan melangsungkan race di sirkuit Twin Ring Motegi Jepang pada Minggu (16/10) siang WIB. Balapan akhir pekan ini tentu akan menjadi spesial bagi pembalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez. Pasalnya ia berpeluang besar untuk mengunci gelar juara dunia MotoGP musim 2016 di sirkuit ini.
Namun faktanya Sirkuit Motegi Jepang ini seringkali kurang berpihak pada Marquez. Menurut data statistik, pembalap yang dijuluki Babby Alien ini tak sekalipun tampil sebagai juara di MotoGP Jepang kala bermain di kelas utama. Lantas mampukah Marquez mengakhiri ‘kutukan’ di Motegi dan mengunci gelar juara dunianya? Berikut ulasan prediksi MotoGP Jepang 2016 akhir pekan ini.

PREDIKSI MOTOGP JEPANG 2016 SIRKUIT MOTEGI

Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang sendiri merupakan markas pabrikan Honda dimana di sinilah tes motor Honda dilakukan. Dominasi Honda di sirkuit ini pun memang tak perlu diragukan. Total sebanyak 6 edisi MotoGP Jepang di era baru berhasil dimenangi oleh Honda. Sedangkan sang rival, yakni Yamaha, baru mengoleksi empat kemenangan di sirkuit ini.
Secara catatan personal untuk rider yang saat ini masih exist di MotoGP, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa adalah dua pembalap dengan reko kemenangan terbanyak di MotoGP Jepang. Keduanya sama-sama mengoleksi 3 kemenangan. Lorenzo bersama tim Yamaha berhasil menang di tahun 2009, 2013, dan 2014, sedangkan pedrosa dengan Honda berhasil menempati podium pertama di musim 2011, 2012, dan 2015. Di musim lalu, bahkan Pedrosa mampu tampil impresif dengan kemenangan fantastisnya.
Selain Lorenzo dan Pedrosa, Valentino Rossi juga memiliki catatan yang cukup apik di sirkuit Motegi, Jepang. Meski hanya mampu 2 kali menjadi juara di sirkuit ini, namun catatan podiumnya sangat luar biasa. Pembalap berjuluk The Doctor ini total mengoleksi 11 podium dengan rincian 2 kali podium pertama, 7 kali podium kedua, dan 2 kali diposisi ketiga.
Lalu bagaiman dengan Marc Marquez? Catatan pembalap yang kental dengan nomor 93 ini memang tak begitu apik di Motegi. Ia belum sekalipun juara di kelas utama MotoGP saat bermain di sirkuit ini. Catatan terbaiknya adalah finish di urutan kedua pada musim 2013-14.
Nah melihap pada data statistik ini, rasanya prediksi MotoGP Jepang 2016 kali ini akan kembali menyorot pada persaingan antara Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa. Kedua pembalap ini memang selalu tampil impresif di GP Jepang. Di musim ini Lorenzo bisa dibilang lebih konsisten dibanding Pedrosa, namun jika melihat pada beberapa seri terakhir Pedrosa memperlihatkan progress yang sangat luar biasa. Dan bukan hal mustahil ia akan kembali tampil trengginas pada race MotoGP Jepang Minggu nanti.
Sementara itu dari sisi Marquez, meski ia memiliki kesempatan besar untuk dapat mengunci gelar juara dunianya di Motegi, namun nampaknya ia justru akan memilih untuk bermain aman. Menatap MotoGP Jepang dengan keunggulan 52 poin atas rival terdekatnya, Valentino Rossi nampaknya membuat Marquez akan lebih memilih untuk tidak terlalu mengambil resiko. Marquez tetap diprediksi akan tampil apik, namun tidak dengan ambisi yang terlalu besar. Ia akan lebih memilih untuk mengumpulkan poin demi poin dengan bermain aman.
Satu hal yang mungkin akan membuat Marquez tampil lebih extra justru adalah rasa penasarannya atas sirkuit Motegi yang belum pernah ia taklukkan. Hal ini justru akan menjadi sebuah motivasi tersendiri disamping gelar juara dunia yang sudah di depan mata tentunya.
Di sisi valentino Rossi, sudah barang tentu ia akan tampil habis-habisan dalam race Minggu nanti. Tidak ada pilihan lain baginya selain menyapu bersih 4 seri tersisa untuk tetap menjaga asanya dalam perburuan gelar juara dunia musim ini. Meski semakin kecil, namun secara matematis peluang itu masih ada.
Selain persaingan antara Lorenzo, Pedrosa, Marquez, dan Rossi pembalap lain yang diprediksi akan turut meramaikan podium pertama MotoGP jepang adalah Maverick Vinales yang tampil apik bersama Suzuki.
Nah itu tadi ulasan data dan fakta, serta prediksi MotoGP Jepang 2016 versi tim viaberita. Apakah race Minggu nanti akan sesuai yang diprediksikan? Terlepas dari benar atau tidaknya prediksi MotoGP Jepang 2016 ini tentu saja race di sirkuit Motegi akhir pekan ini akan sangat menarik untuk di saksikan. Dan bagi Anda pecinta MotoGP yang tak ingin melewatkan keseruan MotoGP seri ke-15 ini, jadwal race MotoGP Jepang 2016 akan dilaksanakan dilaksanakan pada Mingu (16/10) siang mulai pukul 10.00 di mulai dari moto2 lalu akan dilanjutkan dengan motogp live Tran7.
Labels: berita motogp

Thanks for reading PREDIKSI BALAPAN MOTOGP JEPANG 2016 SIRKUIT MOTEGI. Please share...!

0 Comment for "PREDIKSI BALAPAN MOTOGP JEPANG 2016 SIRKUIT MOTEGI"

Arsip

Back To Top