No
|
Kompe-
tensi
Utama
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI)
|
Kompetensi Guru Mata
Pelajaran (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
a
|
b
|
C
|
D
|
E
|
1
|
Pedagogik
|
Menguasai karakteristik
peserta didik dari aspek
fisik, moral, spiritual,
sosial, kultural,
emosional, dan
intelektual
|
1.1 Memahami karakteristik
peserta didik yang berkaitan
dengan aspek fisik, intelektual,
sosial-emosional, moral,
spiritual, dan latar belakang
sosial- budaya
|
Mengidentifikasi
karakteristik perkembangan
sosial-emosional peserta
didik.
|
2
|
Pedagogik
|
Menguasai karakteristik
peserta didik dari aspek
fisik, moral, spiritual,
sosial, kultural,
emosional, dan
intelektual
|
1.2 Mengidentifikasi potensi
peserta didik dalam mata
pelajaran yang diampu
|
Menemukenali potensi
peserta didik dalam
pembelajaran Bahasa
Indonesia
|
3
|
Pedagogik
|
Menguasai karakteristik
peserta didik dari aspek
fisik, moral, spiritual,
sosial, kultural,
emosional, dan
intelektual
|
1.3 Mengidentifikasi bekal-ajar
awal peserta didik dalam mata
pelajaran yang diampu
|
Menemukenali skema
kognitif awal peserta didik
dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia
|
4
|
Pedagogik
|
Menguasai karakteristik
peserta didik dari aspek
fisik, moral, spiritual,
sosial, kultural,
emosional, dan
intelektual
|
1.4 Mengidentifikasi kesulitan
belajar peserta didik dalam
mata pelajaran yang diampu
|
Menganalisis kesulitan
belajar yang dialami oleh
peserta didik berdasarkan
gaya belajar
|
5
|
Pedagogik
|
2. Menguasai teori
belajar dan prinsip-
prinsip pembelajaran
yang mendidik
|
2.1 Memahami berbagai teori
belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik
terkait dengan mata pelajaran
yang diampu
|
Menganalisis berbagai
pendekatan, metode, dan
teknik pembelajaran yang
mendidik dalam
pembelajaran Bahasa
Indonesia
|
6
|
Pedagogik
|
2. Menguasai teori
belajar dan prinsip-
prinsip pembelajaran
yang mendidik
|
2.2 Menerapkan berbagai
pendekatan, strategi, metode,
dan teknik pembelajaran yang
mendidik secara kreatif dalam
mata pelajaran yang diampu.
|
Menerapkan berbagai
pendekatan, strategi,
metode, dan teknik
pembelajaran yag mendidik
dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia
|
7
|
Pedagogik
|
3.Mengembangkan
kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran
yang diampu
|
3.1 Memahami prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum.
|
Mengidentifikasi prinsip-
prinsip pengembangan
kurikulum
|
8
|
Pedagogik
|
3.Mengembangkan
kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran
yang diampu
|
3.2 Menentukan tujuan
pembelajaran yang diampu
|
Merumuskan tujuan
pembelajaran Bahasa
Indonesia
|
9
|
Pedagogik
|
3.Mengembangkan
|
3.3 Menentukan pengalaman
|
Mengidentifikasi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar